Pengertian Penjurusan Di Sma dan Fungsinya

Penjurusan Di Sma


Apakah kamu sudah tahu istilah penjurusan? Maaf nih mas saya belum tahu istilah seperti penjurusan, karena masih sisa baru. Kenapa ya Harus ada penjurusan? Nah penjurusan merupakan salah satu pengklasifikasian ilmu pengetahuan dalam rumpun yang berbeda. Nah terus bagaimana nih mrs tentang pengertian Penjurusan dan Tujuannya?
Menurut Alaviaorasari (2014) adapun pengertian dari Penjurusan merupakan upaya untuk membantu siswa dalam memilih jenis sekolah atau program pengajaran khusus  atau program studi yang akan diikuti oleh siswa dalam pendidikan lanjutannya.
Untuk tujuannya adalah terutama bertujuan agar siswa dapat memperoleh informasi yang lengkap dan jelas tentang berbagai kemungkinan pilihan yang ada bagi kelanjutan pendidikannya. Sehingga dengan upaya tersebut peserta didik dapat memilih dengan tepat jenis sekolah atau program pengajaran khusus, atau program studi yang ada itu sesuai dengan kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat, kecenderungan pribadi dan hal-hal yang dapat mempengaruhi kelanjutan pendidikannya itu.
Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa semua penjurusan yang ada disesuaikan dengan minat dan bakat, yang tentunya setiap orang memiliki perbedaan dalam pilihan.
Terus Mrs, Apa saja sih jenis-jenis penjurusan yang ada ditingkat Sekolah Menengah Atas/SMA?
Menurut Rezaawaliah (2015) Di Sekolah Menengah Atas terdapat tiga jurusan (3) yang dikenal oleh siswa. Tiga jurusan tersebut antara lain :
1.       Jurusan IPA
Jurusan IPA disini adalah jurusan yang mempelajari atau mengungkap mengenai gejala-gejala alam dengan menerapkan langkah-langkah ilmiah agar siswa paham dan menguasai konsep alam.
2.       Jurusan IPS
IPS merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
3.       Jurusan Bahasa
IPB merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan ilmu kebahasaan baik dari segi bentuk bahasa, unsur bahasa, dan sampai budaya terbentuknya sebuah bahasa. IPB terdiri dari sejumlah mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Antropologi.

Namun banyak juga dijenjang seperti SMA, hanya memiliki 2 Penjurusan yaitu untuk Program IPA Dan IPS. Dan melihat bedanya menurut Max-diga (2011):
1.       JURUSAN IPA (BANYAK METODE ILMIAH)
Jurusan IPA banyak berhubungan dengan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena alam. Mempelajari ilmu pasti dan alam atau eksakta. Lengket dengan metode ilmiah yang mengutamakan percobaan-percobaan dan tes yang penuh logika. Jawaban atas pertanyaan soal adalah pasti tidak bisa diganggu gugat. Cocok untuk yang berminat pada teknik, sains dan perkembangan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena makhluk hidup dan alam sekitarnya.
a.       Keunggulan:
ü  Bisa lintas jurusan begitu memilih PTN, karena jurusan ini selalu bisa survive dari segala jenis pelajaran. Ada anggapan kalo murid IPA selalu bisa beradaptasi dengan pelajaran IPS dengan mudah.
ü  Melatih kemampuan logika dan penyelesaian masalah. Sehingga dalam dunia kerja lulusan IPA juga dianggap bisa bekerja di bidang IPS.
ü  Perlu waktu dan suasana khusus untuk mempelajari satu mata pelajaran eksakta.

b.      Kelemahan:
ü  Sering terlihat belajar terus, seperti tak ada waktu santai. Agak kurang dalam pengetahuan pergaulan.
ü  Pada akhirnya sering memilih jurusan IPS karena mengaku salah jurusan pada waktu kuliah, karena tidak kuat menjalani beberapa mata kuliah.
ü  Belum tentu bisa menggabungkan metode menghafal dan menalarkan pelajaran.

c.       Peluang:
Ada peluang go international dengan mengikuti olimpiade sains. Pada saat kuliah nanti, bagusnya sih juga mempelajari ilmu bisnis dan marketing untuk mendukung ilmu “teknik”-nya.

JURUSAN IPS (TIDAK BISA LINTAS JURUSAN)
Jurusan IPS mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat.Intinya sih jurusan ini mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Mulai dari sosiologi, geografi, ekonomi akuntansi dan sejarah. Pelajaran-pelajaran ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sangat pas untuk kita yang berminat pada bidang sosial-politik, kewartawanan dan bisnis marketing.
Keunggulan:
ü  Bukan santai, tapi pelajarannya emang hanya membutuhkan penalaran aja.
ü  Saat ini, dunia kerja lebih membuka lapangan pekerjaan luas untuk jurusan Sosial.
ü  -Karena masih ada waktu untuk bergaul, wawasan tentang dunia pergaulan bisa lebih luas.
Kelemahan:
ü  Sangat berat bila bersaing di bidang IPA atau eksakta.
ü  Cap miring soal jurusan pelarian dan gayanya yang santai
ü  Bukan tidak bisa lintas jurusan namun agak sulit pada Passing Grade
Peluang:
Keahlian komunikasi yang baik harus ditambah dengan penguasaan bahasa asing supaya bisa menguasai dunia kerja yang makin go international ini.
Pandangan guru
Pendapat tentang jurusan IPA dan IPS
IPA adalah sebuah bidang ilmu yang dibedakan adalah subyek (pelajarannya) dan masing-masing mempunyai kapasitas yang tersendiri.
Apakah anak IPA dan IPS itu berbeda?
Sebetulnya anak IPA dan IPS itu sama, misalnya sama beban pelajarannya, jumlah maple sama, dan jumlah jam pelajaran juga sama. Namun mereka berbeda pada mata pelajarnnya saja.
Pada dasarnya anak IPA dan IPS adalah sama. Karena IPS tidak selalu menjadi yang terbawah, dan IPA juga tidak akan selalu menjadi yang tertinggi.
Bagaimana Solusinya ?
Jika diantara kalian ada yang bingung dan pusing 7 keliling memikirkannya ? Pertama kali mari kita intropeksi diri kita masing-masing ! kebanyakan siswa tidak berhasil di setiap jurusannya dikarenakan siswa tersebut tidak mau serius akan belajar dan menciptakan kreasi – kreasi baru !
Bukan zamannya lagi sobat mempertentangkan antara jurusan IPA atau IPS, coba beranggapan jika salah satu tidak ada, OK kita anggap IPS tidak ada, bagaimana dengan "keadaan Negara tanpa pemimpin", bagaimana  "keadaaan sistem hukum di Negara ini", bagaimana dengan "keuangan negara" ? Tak terbayangkan jika salah satunya (IPA atau IPS) tidak ada !!!
So, bangunlah kepribadianmu dan berpikiran positiflah selalu, hingga akhirnya kita siap dan yakin akan pilihan kita tersebut ! bekerja dan belajar haruslah ikhlas bukan karena paksaan dan faktor pujian belaka.
Nah hanya saja kebanyakan masyarakat di Indonesia terlalu melebih-lebihkan, setiap jurusan itu mempelajari rumpunyya masing-masing semuanya dapat unggul dan berprestasi, dan untuk peluang kerja juga tidak ditentukan yang dipilih namun juga Integritas,kecakapan Interpersonal, Komunikasi, Komunikasiyang baikdan Skill.




Catatan Kaki:
Alaviaorasari. 2014. Penjurusan Siswa. http://alaviorasari.blogspot.co .id/2014/12/penjurusan-siswa.html diakses [06 Me 2017]
Max-diga. 2011. Jurusan Ipa dan Ips. http://diga-max.blogspot.co .id/2011/09/jurusan-ipa-dan-ips-di-kalangan-sma. html diakses [06 mei 2017]
Rezaawaliah.2015. Jurusan di Sma. http://rezaawaliah.blogspot.co.id/2015/05/jurusan-jurusan-yang-terdapat -di. html diakses [06 mei 2017]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Penjurusan Di Sma dan Fungsinya"