Cara Mengatasi Sulit Saat Melepas Karet Pada Musim Kemarau

Cara Mengatasi Sulit Saat Melepas Karet Pada Musim Kemarau
Pohon Karet
Sebagian besar penduduk terutama diwilayah sumatra adalah bekerja sebagai petani, namun pada Artikel ini yang dibahas adalah petani Karet. Maklum diwilayah sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani karet.
Pohon karet pada umumnya dipahat batangnya untuk diambil Getahnya atau Lateks, banyak sekali Produk yang dihasilkan dari Lateks Ini contohnya Ban kendaraan.
Kebanyakan dari masyarakat desa umumnya menggunakan batok kelapa atau tempurungnya, sebagai tempat untuk menyimpan tetesan getah yang jatuh. Kecuali bagi masyarakat yang keadaan ekonominya lumayan tinggi, sudah digantikan dengan plastik yang menyerupai tempurung kelapa.
Bagi petani karet,mereka tidak pernah mengenal waktu untuk memahat batang karet, bahkan diwilayah masyarakatnya ada yang berangkat dari jam 2 malam. Sungguh betapa besarnya semangat bekerja keras.
Sebenarnya hal yang menjadi tantangan petani karet adalah musim atau kondisi cuaca yang tidak stabil. Terutama pada musim kemarau memang memahat atau istilahnya motong karet itu butuh kesabaran. Kenapa demikian, karena petani akan menghadapi tenaga yang ekstra saat melakukan pengambilan lateks dari tempurung kelapa. Kenapa bisa begitu? Karena getah yang menetes menyatu dengan batok kelapa, yang kalau tidak dengan tenaga yang kuat pasti tidak akan lepas.
Pada artikel kali ini saya memberikan beberapa tips dan trik cara mengatasi kesulitan tersebut, dengan 2 cara yang dapat Anda terapkan nantinya:

1. Menambahkan Air pada Batok Kelapa
Ini adalah cara yang sangat efektif, telah banyak orang yang telah mencobahnya. Hasilnya memuaskan, karena dengan menambahkan air pada batok kelapa. Akan membuat batok kelapa tidak kering, dan getah yang ada didalamnya tidak dapat meresap kedalam batok kelapa. Karena di batasi oleh air tadi. Tentu ini lumayan cukup memakan waktu Anda, namun Anda sendirilah yang akan merasakan manfaatnya nanti.

2. Memberikan Lapisan Daun yang Hidup
Kamu dapat memetik daun yang masih segar dan memasukan ke dalam tempurung kelapa tersebut, hal ini memungkinkan membatasi jarak anatra getah dengan dinding batok kelapa. Cara ini juga efektif juga, jika Anda tidak menggunakan point Pertama.

Dua cara diatas dapat Anda terapkan atau dibagikan kepada masyarakat dilingkungan Anda, kedua cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan cobalah gunakan cara yang paling cocok untuk Anda. Dan semoga Bermanfaat Artikel kami kali ini!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Sulit Saat Melepas Karet Pada Musim Kemarau"