Tuesday, October 3, 2017

Cara Menulis Laporan Diskusi dan Format Diskusi Yang Benar

 Definisi dari Diskusi adalah Membicarakan, meyampaikan, membahas, topik tertentu, untuk atau
guna mencapai kesepakatan, atau kesamaan. (Panuti Sujiman: 1988:16)
Ilustrasi Berdiskusi Yang Baik
Ilustrasi Berdiskusi Yang Baik


Diskusi yang benar adalah diskusi yang bertujuan menyelesaikan suatu masalah bukan memperumit
suatu masalah, jika tidak ada penyelesaian atau berkepanjangan bukan diskusi namanya.

Misalkan saja Diskusi yang sering diterapkan disekolah, masih banyak terdapat kesalahan
dalam melaksanakan diskusi baik dari kelompok diskusi atau para audiens.

Tujuan dari sebuah Diskusi adalah bahwa kita akan mendapatkan banyak pendapat yang dapat
dijadikan sebagai Alternatif dalam penyelesaian dari suatu topik tertentu.

Agar hasil pembicaraan diskusi tidak hilang begitu saja perlu, membuat namanya Laporan
Diskusi. Dan dari banyak Referensi buku bahasa Indonesi ternyata adanya sedikit
perbedaan. Namun itu tidak perlu dipermasalahkan, dan sekarang bagaimana  membuat Format
Diskusi yang baik sesuai dengan Kaidah penulisan Bahasa Indonesia.

1. Topik Diskusi

2. Pelaksanaan Diskusi

3. Hari tanggal Waktu Diskusi

4. Penyaji

5. Peserta

6. Judul Makalah

7. Moderator

8. Notulis

9. Alur Diskusi

9 Hal tersebut dapat digunakan dalam menuliskan kembali laporan diskusi, yang nantinya dapat
dapat dijadikan dokumen atau arsip bagi kelompok diskusi, sewaktu-waktu perlu digunakan kembali.