Sejarah Dan Proses Terbentuknya LKS (Latihan Kepemimpinan Siswa) di Indonesia

Organisasi LKS (Latihan Kepemimpinan Siswa) - Merupakan Organisasi yang membantu Siswa dalam pengembangan Potensi dan Bakat kepemimpinannya, dan berperan ikut serta dalam memperbaiki Kualitas Sumber Daya Manusia. Sehingga di harapkan dari Pelatihan ini, lahirlah pemimpin-pemimpin mudah yang dapat membangun bangsa lebih baik lagi dalam hal manejemen . Organisasi LKS ini adalah organisasi kepemudaan yang didirikan tepatnya tanggal 2 Agustus 1995 dan terus berkembang hingga saat ini.

Logo IKA-LKS by .files.wordpress.com
kyle893

Latihan Kepemimpinan Siswa ini pada awalnya diselenggarakan oleh DPD Golkar sekitar tahun 1990. Namun pada tahun 1995 Organisasi LKS ini bersifat mandiri, tidak terikat dengan partai atau politik (Independent). Semua sistem organisa terbentuk, dan mempunyai pengurusan di tingkat Provinsi, Kota, hingga kecamatan. Saat ini Organisasi LKS ini di ikuti oleh semua jenjang tingkat SMA dan SMK yang terus berkembang pesat.

Baca Juga:

Tujuan utama dari adanya Latihan Kepemimpinan Siswa ini adalah untuk mengembangkan, Membina, dan mendidik para pelajar, agar nantinya dapat membentuk kader-kader pemimpin (Leadership) yang memiliki Wawasan luas, bermoral, dan tentunya memilki rasa cinta tanah air yang tinggi, serta memiliki Sumber Daya Manusia yang handal yang memiliki Kompetensi tinggi sehingga dapat bersaing di era globalisasi dan modern ini.

Untuk Program kerjanya sendiri IKA-LKS ini meliputi Program Internal dan External yang sifat kajian terhadap perkembangan dan pendidikan serta pemahaman terhadap Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, serta memahami baik terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Untuk mencapai semua apa yang menjadi tujuan utama IKA-LKS ini mempunyai 3 cara yang di sebut sebagai TRI SUKSES IKA LKS yaitu:
  1. Sukses Kaderisasi
  2. Sukses Konsolidasi
  3. Sukses Partisipasi
Selain itu juga IKA-LKS memiliki lambang yang disebut sebagai "PRASAJA" (Azaz Kepemimpinan) yang melambangkan bahwa setiap Anggota IKA-LKS hendaknya bersikap dan berperilaku seorang pemimpin yang sederhana dan tidak berlebihan serta dapat membawa dan menempatkan Kepemimpinannya dimana pun dia berada.

Memang pada dasarnya, setiap manusia telah telah dikarunia oleh Allah adalah sebagai Pemimpin baik bagi dirinya maupun orang lain. Namun memang Kharisma tentang kepemimpinan itu sendiri tidak dapat terbentuk begitu saja. Anda dapat melihat Kharisma itu muncul pada diri Anda, saat Anda mempelajari, Mengenali, dan mencari pembinaan terhadap diri Anda. Dan Organisasi Latihan Kepemimpinan Siswa ini dapat menjadi salah satu tempat yang sangat baik dan tepat untuk membentuk Jiwa kepemimpinan yang sesungguhnya.

Terimahkasih atas Kunjungan Anda ke Situs kami, semoga Topik kali ini dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap Organisasi LKS ini...........
Autors: Alek Sander
Web: www.Kabarjayaloka.id
LKS: Angkatan XIV Kab. Musi Rawas
Alamat: Ngestiboga II, Kecamatan Jayaloka. Kabupaten Musi Rawas Kode Pos 31665
Sumber Data Imformasi:
  • Oku Lks
  • Pb Ika Lks Prabumuli
Laman Support:
wikipedia.org/wiki/Latihan_dasar_kepemimpinan

0 Response to "Sejarah Dan Proses Terbentuknya LKS (Latihan Kepemimpinan Siswa) di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel