Cara membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Kecamatan Jayaloka?

Sumber Daya Manusia yang berkualitas, merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam peembangunan di sebuah Negara. Dan SDM adalah salah satu penentu Kemajuan dari Sebuah Negara, Bangsa, dan Agama. 


Coba kita lihat sekarang Negara-negara di dunia yang dikategorikan sebagai Negara maju, rata-rata mereka memiliki SDM yang baik dan berkualitas seperti Jepang, Amerika Serikat (Negara Adidaya), Cina, Perancis, dan Inggris adalah salah satu negara yang memiliki SDM yang berkualitas.

Baca Juga:

15 Nama SD di Jayaloka Wajib Kamu Ketahui

Daftar Nama Smp dan Mts Lengkap di Kecamatan Jayaloka

Deskripsi Mengenai Kecamatan Jayaloka dan Sejarah Singkat

Contohnya saja sahabat jayaloka, Negara jepang setelah Tsunami dan Peristiwa Pengeboman di Negara Hirosima da Nagasaki, tumbuhan sangat sulit tumbuh di wilayah tersebut.

Selain itu jepang tidak terlalu memiliki Sumber Daya Alam. Namun coba kita lihat sekarang, Negara jepang sangat di akui di Dunia. Seperi saat ini Barang-barang Elektronik maupun Alat Trasnportasi, kita banyak memakainya, dan didominasi oleh produk jepang. 

Dan kalau kita melihat memang buatan mereka sangat baik….

Terus apa rahasia dari kemajuan Negara tersebut???????


Ternyata kuncinya itu terletak pada SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik dan berkualitas. Terus apakah Negara kita bias seperti itu, tentu saja bias! Akan tetapi tidak seperti membalikan Telapak Tangan, kenapa saya katakana demikian? 

Karena semua butuh proses. Nah terkusus di Wilayah kita nih, perlu gerakan Revolusi Mental dan Fudamental terhadap SDM.


Nah begitupun Kecamatan Jayaloka, sebuah kecamatan yang dalam hal ini masih dikatakan sebagai Wilayah yang berkembang, dan tentunya kita perlu membangun Daerah kita ini menjadi lebih baik dan menciptakan sebuah ungkapan yang pernah pak Karno Katakan bahwa Jayaloka akan Menjadi Jakarta Kedua

Apakah kita semua siap….? Mari kita bersama-sama membangun Jayaloka di segala bidang menjadi lebih maju, dan mandiri. Dan kita memulai dari membangun SDM dahulu di Jayaloka.


Dan untuk membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Jayaloka, kita harus mengetahui dulu  Unsur-unsur Sumber Daya Manusia yang berkualitas itu sendiri.


1. Akhlak Yang Baik


Aklahk yang baik dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melakukan yang terbaik, jujur, adil, serta berusaha untuk tidak merugikan orang lain dan dirinya sendiri. 

Sehingga keberadaanya akan selalu berguna dan tidak sia-sia. Nah hal ini perlu kita kembangkan dalam kehidupan sehari-hari kita sahabat jayaloka. 

Mungkin gak mudah, untuk merubah kebiasaan buruk kita, namun kalau kita bersungguh pasti bisa. Dan kita juga harus memulai untuk selalu menegakan keadilan dari hal-hal kecil, dengan menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya. 

Dan begitu juga saya harapkan bagi pemimpin maupun penjabat yang berperan dan memiliki kewenangan dan juga kewajiban harus dapat berlaku adil, karena semuanya akan dipertanggung jawabkan semuanya. 

Meskipun kita tidak terkena di Dunia, tapi ingatlah semua itu juga akan dipertanggung jawabkan di Akhirat kelak. Dan kita semua perlu banyak melakukan pengembangan diri agar kita semua mampu, mengenali diri kita secara baik.


2. Keahlian Dan Skill


Manusia yang memiliki keahlian (skill yang baik), akan dapat menyelesaikan pekerjaanya sesuai dengan target yang telah ditentukan baik dalam segi waktu maupun kualitas. 

Manusia yang mempunayi keahlian akan sangat berguna untuk dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Nah itu juga perlu kita kembangkan sahabat jayaloka, sebagai individu kita semua di Anugerahi oleh Tuhan yang Maha Esa potensi yang bebeda-beda. Yang kalau kita kembangkan, akan menjadi sebuah skill (Keahlian). 


Dan tentunya sahabat jayaloka harus mampu mengenali diri sendiri seperti di jelaskan di point pertama, dan cobalah kita semua mengenali apa sih sebenarnya bakat kita? Dan kemampuan apakah yang saya miliki? Jangan sampai kita tidak mengetahui bakat diri kita sendiri, sehingga potensi diri kita itu akan hilang karena kita tidak pernah mengembangkannya.  


Dan satu hal lagi sahabat jayaloka harus ketahui, bahwa kita memiliki keahlian yang berbeda, jadi jangan mencoba meniru keahlian orang lain, jika itu bukan skill kita. Karena nantinya akan menyulitkan diri kita sendiri.

Selain itu Pemerintah juga, perlu ikut berpartisipasi dalam mengembangkan SDM yang ada di kecamatan Jayaloka, dengan beberapa upaya yang dapat dilakukan: Seperti memberikan Penyuluhan ataupun Sosialisasi tentang Bakat dan minat dan pengarahan sesuai bidangnya, memberikan motivasi dan buku-buku yang mampu memberikan sugesti kepada masyarakat jayaloka untuk berpikir Kretiatif sehingga akan mampu menciptkan sebuah produktiftas yang baik.Sehingga masyarakat jayaloka, tidak hanya terfokus pada bidang perkebunan karet saja.

3. Kekuatan Fisik


Kekuatan Fisik manusia sangat berguna jika diarahkan pada hal-hal yang positif.  Nah kita sebagai masyarakat Jayaloka, perlu memiliki mental yang baik kalau orang jepang bilang “ Doko Made Mo Nitai Shite doryaku Suru” yang artinya bertahan sampai kemanapun juga dan berusaha sampai abis-abisan. 

Dan itulah yang perlu kita lakukan, dan sebagai masyarakat jayaloka kita jangan mudah menyerah begitu saja terhadap kedaan yang menimpa kita. 

Dan mari kita bangun wilayah jayaloka ini menjadi benar-benar maji dalam segala bidang, sehingga nantinya kita dapat mewujukan Kecamatan yang mandiri dan menjadi salah satu pendukung untuk negara yang kita cintai ini yaitu Indonesia.

Dan begitulah cara ataupun upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di kecamatan Jayaloka.

Dan jangan lupa, untuk selalu membaca info-info update untuk jayaloka dari Kabar Jayaloka. Dan saya akhiri sampai jumpa....!😃👍💕✨✨

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Kecamatan Jayaloka?"