Kenapa Masyarakat Jayaloka harus Memahami Tentang Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Sahabat Jayaloka harus tahu bahwa Masalah Ekonomi merupakan sebuah masalah yang akan dihadapi oleh semua orang, untuk kita dituntut untuk selalu berpikir Rasional dalam menentukan Pilihan kita di kehidupan ini.


Sehingga nantinya pilihan yang telah kita putuskan, tidak mengecewakan. Dan setiap plihan yang kita pilih, akan menunjukan sesuatu yang akan kita dapatkan kedepannya.

Nah untuk itu sahabat Jayaloka, perlu tentang Konsep Opportunity Cost. Konsep tentang materi ini akan selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita, tanpa kita sadari.

Baca Juga:

Cara membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Kecamatan Jayaloka?

15 Nama SD di Jayaloka Wajib Kamu Ketahui

Daftar Nama Smp dan Mts Lengkap di Kecamatan Jayaloka

Deskripsi Mengenai Kecamatan Jayaloka dan Sejarah Singkat

Namun karena kita tidak mengenal dengan baik tentang Biaya Peluang, itulah kenapa semuanya tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.


Apa sahabat Jayaloka tahu tentang Biaya Peluang itu? Oke mungkin masih banyak yang belum tahu diantara kita tentang Opurtunity Cost. Saya pun mendapatkan Konsep itu dari seorang Guru Ekonomi saya. 

Dan kenapa sayamempublikasikan ini, dan menurut saya ini adalah hal penting yang harus sahabat jayaloka ketahui. Sehingga kehidupan kita di beberapa waktu yang akan datang, menjadi lebih baik.


Biaya Peluang (Opuurtunity Cost) adalah sebuah  biaya yang timbul akibat kita memilih sebuah peluang terbaik, dari beberapa pilihan yang tersedia. Hal ini tanpa sahabat Jayaloka sadari, bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita, kita selalu menngunakan konsepnya. Seperti apa itu contohnya sahabat Jayaloka???


Misalkan saya buat Ilustrasi nih sahabat Jayaloka sedang ditawari oleh sebuah perusahaan dengan Gaji Rp. 1.000.000,00/Bulan. Sedangkan sahabat Jayaloka sendiri, memiliki kemampuan atau skill yang kalau dikembangkan dan membuat usaha sendiri. Sahabat jayaloka mampu mendapatkan uang Rp. 5.000.000/Bulan. 

Akan tetapi ini membutuhkan sebuah proses dan sahabat jayaloka harus banyak melakukan Promosi dalam waktu selama 4 Bulan.
Dan dari pilahan diatas, sahabt Jayaloka sudah memutuskan untuk memilih pilihan nomor 2 yaitu untuk mengembangkan Skill sahabat Jayaloka, sehingga sahabat Jayaloka menolak pilhan nomor 1. 

Maka sahabat Jayaloka akan kehilangan semua Gaji dalam 4 Bulan tersebut. Dengan perhitungan 4 bulan x Rp 1.000.000,00 maka sahabat Jayaloka akan kehilangan Rp 4.000.000, 00 dalam 4 bulan tersebut. Dan itulah yang dinamakan sebagai Opurtunity Cost, sebuah biaya atau nilai yang hilang karena kita memilih satu pilihan dari beberapa pilihan yang tersedia.


Sekarang sahabat Jayaloka mengerti tentang apa itu Biaya Peluang, dan hal inilah yang perlu kita sadari bahwa saat kita melakukan sebuah pilihan tentunya kita akan mengorbankan beberapa hal yang seharusnya kita dapatkan. 

Dan untuk itu sahabat Jayaloka, harus dapat memilih dengan baik, dari beberapa pilihan yang tersedia. Agar kita tidak menyesali terhadap yang telah kita korbankan, karena itu akan memiliki pengaruh terhadap diri kita untuk beberapa masa yang akan datang.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kenapa Masyarakat Jayaloka harus Memahami Tentang Biaya Peluang (Opportunity Cost)"