Monday, May 14, 2018

Beda Lho Siswa yang Aktif dengan Yang Caperan

Kalo di Sekolah, sudah seharusnya kalo siswa dapat mengikuti cara belajar yang baik, aktif, dan cekatan di kelas. Sehingga terjadi Interaksi antara seorang Guru dan Siswa, hal ini memungkinkan siswa untuk dapat memahami semua materi secara maksimal.

Dalam pembelajaran yang Kondusif seluruh siswanya juga menjadi diam juga gak bagus, kalo siswanya terlalu banyak bicara juga gak bagus. Jadi kedua-duanya harus di seimbangkan, pendiam akan terlihat lebih cool. 

Namun jika kamu masih seperti itu, yakinlah jika kamu diajak kepublik Speaking hal ini dapat menjadi hal yang kurang nyaman bagi kamu. Sehingga kalo disuruh mendeskripsikan cenderung terbatah-batah, dan hal ini juga dapat membuat kamu kesulitan dalam menyelesaiakn pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman kamu. 

Dalam hal ini kamu akan diajak, untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan banyak Problem.
Nah jika kamu terlalu Over juga gak bagus, kenapa demikian mas Alek...?

Karena jika kamu terlalu suka bicara, hal ini membuat apa yang kamu bicarakan banyak tidak sesuai dengan kenyataan yang ada...hehehe ! Jadi disini kamu belajar gimana untuk menyeimbangkan keduanya. 

Dan inilah yang disebut sebagai Keaktifan sesungguhnya.

Siswa yang Aktif sangat jauh berbeda dengan siswa yang caperan, dalam banyak sudut pandang. Terutama dari tujuannya, kalo siswa yang Aktif itu memang niatannya adalah untuk dapat belajar dan memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan dari guru-gurunya. 

Sedangkan siswa Caperan, kebalikan dari siswa Aktif. Ia hanya semata-mata untuk mendaptkan pujian, atau sebuah perhatian saja. Akan tetapi siswa yang seperti ini cenderung tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Nah terus bagaimana cara melihatnya mas Alek, kalo siswa itu tergolong siswa Aktif atau malah siswa caperan alias cari perhatian???
Sebenarnya kalo kamu baca dari pendeskripsian sebelumnya, maka sebenarnya itu lebih dari cukup.

Akan tetapi untuk lebih memperjelasnya, saya tambahkan sedikit" Siswa Aktif dan Caperan memang agak terlihat sama di dalam ruangan, mereka banyak tampil dan berinteraksi dengan guru-guru mereka saat belajar." Namun kita dapat melihat dari hasil yang di dapatkan selain faktor tidak belajar ya....hehehe"

Dan siswa yang aktif dapat diaktakan juga sebagai siswa yang menguasai dalam penguasaan bahasa dan mengkombinasikannya dengan konsep ilmu pengetahuan. 

Nah salah satu cara untuk teman-teman agar dapat menjadi siswa Aktif, adalah dengan mengikuti sebuah Organisasi. Jadi siswa Aktif adalah salah bentuk bagian dari pengembangan kepribadian.

Meskipun begitu juga mas Alek, gak bisa mengatakan bahwa kalo kamu udah menjadi siswa yang aktif terus kamu akan dapat menjadi yang nomor 1 di sana. 

Soal prestasi itu banyak faktornya, dan salah satu penunjang atau penyuport untuk menjadi Siswa Berprestasi adalah dengan menjadi siswa yang aktif.

Oke mungkin itulah yang dapat mas Alek sampaikan soal Siswa Aktif dengan Siwa yang Baperan. 

Tips kali ini " Penting bagi kita untuk dapat menjalin komunikasi dengan baik, karena itu bagian dari jwa sosial kita". 


EmoticonEmoticon