Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word

Kabarjayaloka.id - Apakah Anda sedang Mencari Contoh Materi Makalah Pembahasan Bola Kecil Lengkap? Pada Artikel ini Anda akan bisa melihat Contoh makalah Pendidikan Jasmani, yang telah kami susun dari Awal hingga Akhir. Makalah Bola Kecil ini dapat Anda gunakan, untuk menyusun Tugas Makalah Anda. Silakan Anda pahami terlebih dahulu kecocokan sub Bab pembahasan, apakah sesuai dengan apa yang Anda cari, dan di situs kami ini Anda dapat menemukan banyak Contoh makalah yang kami Update tiap minggunya.
Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word
Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word
Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word
Baca Juga:
Dan Makalah Bola Kecil ini juga, memiliki tingkat kepopuleran yang tidak kalah dengan Bola Besar. Cukup banyak Prestasi yang disumbangkan oleh anak bangsa Indonesia ini. Kami juga merekomendasikan kepada Anda untuk meng bokmars situs ini. Karena Anda akan menerima banyak contoh makalah-makalah yang dapat Anda buat.
Berikut ini contoh Makalah Bola Kecil yang dapat Anda gunakan:

 

Kata Pengantar


Puji syukur kami panjatkan kepada Allah Swt atas Berkah dan Rahmat-Nya kami berhasil menyelesaikan penulisan makalah tentang Bola Kecil. Bola kecil adalah sebuah permainan yang menggunakan media bola dengan ukuran kecil.
Meskipun dikatakan permainan bola kecil, akan tetapi penggemarnya tidak kalah dengan permainan Bola Besar. Permainan bola kecil dalam prosesnya tidak sekecil itu dan Anda yang merasa tertarik untuk bermain bola kecil harus mengerti konsepnya.
Kami juga mengucapkan Terihmakasih banyak kepada Kelas X.IS 2 Kelompok materi tentang Bola Kecil yang telah terlibat dan Berkontribusi dalam penyelesaian makalah ini, dan kami juga mengucapkan Terimahkasih yang sebesar-besarnya kepada guru pembimbing Yeni Fatmawati. SPd yang telah banyak membantu mengarahkan dalam penyelesaian makalah ini. Akhirnya segala kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini akan kami terima dengan hati terbuka.



Jayaloka, Agustus 2017
Penulis





Daftar Isi









BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pada makalah ini kami akan membahas tentang Bola Kecil. Kami mengambil pembahasan ini karena Dari banyak yang kami amati permainan bola kecil memang jarang dimainkan oleh kalangan masyarakat desa, kebanyakan permainan bola yang banyak digemari adalah bola besar. Dan tentu ini menjadi sebuah Problem dan Masalah, karena kita harus tau bahwa permainan Bola Kecil juga di pertandingkan di arena dalam skala Internasional.
Tentu penting juga bagi Anda generasi pemuda untuk dapat berprestasi, tidak hanya dibidang bola besar saja akan tetapi juga di bidang bola kecil juga. Dan jika diseimbangkan dengan baik tentu ini akan memberikan banyak reward dalam kompetisi- kompetisi yang ada terutama dalam kaitannya Bola Kecil.
Dan hal ini juga terlihat dari potensi pemuda, terutama bagi para pria lebih cenderung ke Bola kecil dan Indeks untuk yang menguasai Bola Kecil masih cukup sedikit dibandingkan Bola Besar. Tentu saja ini tidak lepas dari permainan dan konsep yang banyak dipahami masyarakat yang perlu diluruskan terhadap Bola Kecil. Dan Karena itu juga kami tertarik untuk membahas, tentang Bola Kecil ini.

1.2 Rumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang diatas, kami dengan ini merumuskan-rumusan masalah yang kami akan kaji. Diantaranya:
1.     Bagaimana Sejarah Bola Kecil?
2.      Apa Saja Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Kecil?
3.      Bagaimana Lapangan dan Aturan Rounders?
4.      Apa Saja Jenis-Jenis Permainan Bola Kecil?


1.3 Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, Adapun tujuan dari makalah ini adalah:
1.      Untuk Mengetahui Sejarah Bola Kecil
2.      Untuk Mengetahui Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Kecil
3.      Untuk Mengetahui Lapangan dan Aturan Rounders
4.      Untuk Mengetahui Jenis-Jenis Permainan Bola Kecil





BAB II

PEMBAHASAN


2.1 Sejarah Bola Kecil

Menurut Sugeng (2011: 4) Bola Kecil atau Rounders (Irlandia: cluiche corr) adalah permainan yang dimainkan antara dua tim dari kedua jenis kelamin. Rounders adalah permainan tim yang mencolok dan tangkas yang melibatkan memukul kecil, keras, kulit cased bola dengan tongkat kayu bulat, plastik atau logam.
   Sedangakan Sejarahnya Menurut Muhajir (2007:37) Permainan rounders telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little mana ia disebut "dasar-bola" oleh. John Newbery Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi dicetak pertama dalam bahasa Inggris dari pemukul dan bola basis-menjalankan permainan yang dimainkan di berlian. Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts.
   Aturan nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943. Sementara dua asosiasi berbeda, mereka berbagi elemen semacam itu dari gameplay dan budaya. Kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan yang lainnya di sore hari.
   Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Kedua 'New York permainan' dan sekarang sudah tidak berfungsi versi 'Massachusetts permainan bisbol, serta softball, berbagi akar sejarah yang sama seperti kasti dan memiliki kemiripan dengan versi GAA dari permainan. Rounders terkait dengan bisbol Inggris, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal 'basis-bola' di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.
   Dari penjabaran diatas dapat ditarik kesimpulan Sejarah Bola Kecil telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little. Untuk Aturanya nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943.


   2.2 Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Kecil

   Menurut Budi, Sutrisno (2014: 47) terdapat beberapa teknik dasar dalam permainan rounders secara umum, di antaranya melempar, menangkap, memukul, dan lari.
Sedangkan menurut Yudi (2012: 3) teknik dasar dalam permainan Bola Kecil meliputi Memukul, Berlari, Menangkap, Melempar, Mengecoh, dan Mengelak.
Berikut ini teknik dasar Permainan Bola Kecil Secara Umum:
a. Cara melempar bola
Cara melempar bola pada permainan rounders ada teknik-tekniknya. Teknik ini perlu dikuasai dengan baik dan benar agar mendapatkan lemparan yang sempurna. Adapun jenis lemparan itu dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:
1.    Lemparan melambung
Lemparan melambung biasanya digunakan untuk lemparan yang berjarak jauh. Lemparan ini memerlukan tenaga yang cukup besar karena bola harus jauh dan tinggi.
Cara melakukan lemparan melambung, yaitu:
a.       Bola dipegang dengan posisi tangan ataujari-jari dengan benar.
b.      Ayunkan tangan yang memegang bolasambil kaki melangkah secara bersamaan.
c.       Berat badan bertumpu pada kaki depan.
d.      Saat mengambil awalan melempar, badansedikit condong ke belakang.
2. Lemparan mendatar
Lemparan bola mendatar adalah lemparan bolayang arah bolanya mendatar dan cepat. Lemparan ini dilakukan dengan mengayunkantangan dari belakang ke depan sejajar dengan bahu. Gerakan melempar ini disertai dengan lecutan pergelangan tangan.
3. Lemparan bawah (menyusur tanah)
Lemparan bawah ini arah atau jalannya bolamenyusur tanah. Biasanya dilakukan dalamkeadaan darurat dan dilakukan dengan cepat. Cara melakukan lemparan bawah, yaitu:
a.       Posisi badan sedikit membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk.
b.      Ayunan tangan dilakukan dari samping atas ke depan bawah.
c.       Gerakan melempar bola bawah ini disertai dengan lecutan tangan
b. Cara menangkap bola
Cara menangkap bola ada beberapa macam, tergantung dari datangnya bola. Namun secara garis besar, datangnya bola dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
1. Bola yang datangnya langsung, cara menangkapnya, yaitu:
a.      Tangan diluruskan ke depan atau sedikit ditekuk pada pergelangan sikut.
b.     Sarung tangan (glove) menghadap ke arah datangnya bola dan tangan yang lain di samping   glove.
c.     Apabila bola telah masuk glove, tangan yang lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya.
2. Bola yang melambung, cara menangkapnya, yaitu:
a.      Bola ditangkap setinggi atau melebihi kepala.
b.      Pada waktu menangkap bola, pandangan harus ke tangan yang sedang menangkap.
c.       Setelah bola masuk ke glove, tangan yang lain segera menutup agar bola tidak terlepas lagi.
d.      Gerakan follow through adalah gerakan terakhir.
3. Bola yang datang bergulir di tanah, cara menangkapnya, yaitu:
a.      Kaki dilangkahkan ke depan.
b.      Kedua lutut ditekuk dan badan dibungkukkan.
c.       Tangan kiri di tanah (yang memakai glove) dan menghadap ke arah datangnya bola.
d.     Setelah bola masuk ke glove, tangan lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya.

c. Cara memukul bola
Teknik memukul bola merupakan keterampilan yang perlu dipelajari dan dikuasai
karena dengan pukulan yang baik kita dapat menguasai permainan. Memukul bola
ini terdiri atas dua jenis pukulan, yaitu pukulan dengan ayunan (swing)dan pukulan
tanpa ayunan (bunt). Pukulan tanpa ayunan (bunt) adalah pukulan yang hanya
menyentuhkan kayu pemukul dengan bola tanpa mengayunkan kayu pemukul.
Pemukul hanya menunggu bola mengenai kayu pemukul sehingga pantulan bola
jatuhnya dekat dari pemukul. Pukulan tanpa ayunan (bunt) merupakan suatu teknik
untuk mengelabuhi regu penjaga.
Cara melakukan pukulan, yaitu:
1.      Berdiri dengan posisi badan menyamping dari arah datangnya bola.
2.      Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.
3.      Telapak kaki sejajar dengan lutut sedikit ditekuk.
4.      Badan sedikit condong ke depan.
5.      Pemukul dipegang dengan erat oleh kedua tangan dan berada di samping telinga kanan.
6.     Pandangan mata lurus ke arah datangnya bola atau lemparan.

d. Cara lari dalam bermain rounders
Pada saat lari menuju base dalam permainan rounders harus disesuaikan dengan situasi permainan, yaitu ada saat-saat tertentu pelari harus lari secepat-cepatnya. Kecepatan berlari dan ketangkasan harus dimiliki oleh masing-masing pemain. Jarak yang harus ditempuh oleh pelari lebih kurang 75 meter. Latihan lari dalam permainan rounders dapat dilakukan seperti pada latihan lari jarak pendek.

Agar pemain rounders dapat meningkatkan teknik permainan yang baik, sebaiknya masing-masing pemain melakukan latihan-latihan sebagai berikut.
1.        Latihan meningkatkan kecepatan berlari dan daya tahan.
2.        Latihan berlari secepat-cepatnya dari base yang satu ke base yang lain.
3.        Latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut, punggung, kaki, dan lengan.
4.        Latihan meluncur untuk menuju tempat hinggap.
5.        Latihan menghindarkan diri dari ketikan/sentuhan bola lawan.
   Jadi untuk dapat bermain Bola Kecil tentu harus menguasi Teknik Dasar yang menjadi  Pokok diantaranya: Memukul, Berlari, Menangkap, Melempar, Mengecoh, dan Mengelak dan satu hal lagi tidak kalah penting yaitu Persiapan.

   2.3 Lapangan dan Aturan Rounders

Menurut Sugeng (2011:5) Lapangan rounders berbentuk segi lima beraturan dengan panjang tiap-tiap sisinya 15 meter. Di setiap sudut-sudutnya diberi bidai (base) berbentuk bujur sangkar.
Permainan rounders memiliki peraturan-peraturan yang harus diperhatikan. Berikut beberapa peraturan yang harus dijalankan dalam permainan rounders. Peraturan ini dibuat dengan tujuan agar dalam permainan dapat berjalan dengan baik dan sportif. Peraturan-peraturan tersebut, yaitu:
a.       Permainan rounders dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri atas 12 pemain, dengan pemain cadangan sebanyak 6 orang.
b.      Sebelum permainan dimulai, diadakan undian. Regu yang memenangkan undian berhak memilih menjadi regu pemukul atau regu jaga.
c.      Pemukul diberi kesempatan memukul sebanyak 3 kali, apabila pukulan pertama atau kedua baik, ia harus berlari menuju base.
d.      Urutan memukul bola sesuai dengan nomor yang telah ditentukan.
e.       Pemukul yang antre di belakangnya tidak boleh mendahului pemukul di depannya.
f.       Setiap base hanya boleh diisi oleh satu orang pemain saja.
g.     Setiap pemain regu pemukul berpindah base, regu jaga boleh mematikan dengan cara mengetik atau membakar base.
h.      Lama permainan rounders ditentukan oleh inning. Satu inning, yaitu satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga. Untuk peraturan resmi permainan dilakukan dalam 7 inning.
i.      Pertukaran tempat terjadi apabila:
1.      Regu penjaga berhasil mematikan regu pemukul sebanyak 6 kali.
2.     Regu penjaga berhasil menangkap bola yang dipukul regu pemukul sebanyak 5 kali.
j.       Kemenangan diraih oleh regu yang berhasil mengumpulkan jumlah poin yang paling banyak.
k.      Cara menentukan nilai atau angka, yaitu:
1.      Setiap base yang dilewati pemain mendapat angka 1.
2.      Jika dibakar atau terkena tik, tidak mendapat nilai pada base tersebut.
3.      Apabila dapat kembali ke ruang tunggu dengan pukulan sendiri dan setiap base selamat maka akan mendapat angka 6.
Sedangkan menurut Yudi (2012:4) Peraturan dapat dimodifikasi artinya peraturan tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Modifikasi peraturan yang dilakukan dalam permainan rounders, antara lain pada ukuran lapangan, jumlah pemain, dan lamanya permainan. Modifikasi aturan-aturan tersebut harus disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu regu penjaga dan regu pemukul.
Jadi untuk peraturannya Sendiri Bola Kecil dapat menggunakan Aturan Internasional yang telah ditetapkan dan Memodifikasi sendiri dengan Persetujuan bersama tanpa melanggar ketentuan.

2.4 Jenis-Jenis Permainan Bola Kecil

Menurut Budi, Sutrisno (2014: 48) masih banyak masyarakat yang tidak tahu yang termasuk Bola Kecil. Secara Umum Bola Kecil terdiri: Badminton, Kasti, Softball.
Berbeda dengan pendapat Muhajir (2007: 38) Bola kecil tidak hanya itu Saja namun yang digolongkan sebagai bola kecil ialah Golf, Badminton, Kasti, Softball, dan Tenis Meja.
Dari dua pendapat diatas, kami akan menjelaskan Bola Kecil secara Umum saja, yang meliputi:
1.      BADMINTON
Badminton diciptakan lama, sebuah bentuk olahraga yang dimainkan di Yunani kuno dan Mesir. Bulutangkis berasal dari permainan anak-anak disebut battledore dan shuttlecock, di mana dua pemain memukul shuttlecock berbulu bolak-balik dengan raket kecil. Permainan ini disebut “Poona” di India selama abad ke-18, dan Pejabat tentara Inggris ditempatkan di sana mengambil versi India kembali ke Inggris tahun 1860.
2.      KASTI
Kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu. Kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur kekompakan, ketangkasan dan kegembiraan. Permainan ini biasa dilakukan di lapangan terbuka.
3.     SOFTBALL
Sofbol berasal dari Chicago, pada hari Thanksgiving, 1887. Setelah kelompok sekitar dua puluh pemuda berkumpul di Boat Club, mendengar hasil pertandingan sepak bola. pria bernama George Hancock pole.A dikenal dalam sejarah softball, sebagai manusia yang berteriak , “Mari kita bermain bola!” Dia mengikat sarung tinju menjadi bentuk bola, mengeluarkan berlian di lantai dan menemukan gagang sapu untuk digunakan sebagai bat.Itu adalah bagaimana ide dari permainan softball lahir.
Dari berbagai Konsep diatas Jadi permainan yang dapat dikatakan Bola Kecil diantaranya: Golf, Badminton, Kasti, Softball, dan Tenis Meja, dan menurut kami juga tenis lapangan juga termasuk.





BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Sejarah Bola Kecil telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor,  dengan referensi awal yang pada 1744 di Sebuah Buku Pocket-Pretty Little. Untuk Aturanya nasional diresmikan pertama disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris itu diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada 1943.
Bermain Bola Kecil tentu harus menguasi Teknik Dasar yang menjadi  Pokok diantaranya: Memukul, Berlari, Menangkap, Melempar, Mengecoh, dan Mengelak dan satu hal lagi tidak kalah penting yaitu Persiapan.
Bola Kecil dapat menggunakan Aturan Internasional yang telah ditetapkan dan Memodifikasi sendiri dengan Persetujuan bersama tanpa melanggar ketentuan.
Permainan yang dapat dikatakan Bola Kecil diantaranya: Golf, Badminton, Kasti, Softball, dan Tenis Meja, dan menurut kami juga tenis lapangan juga termasuk.


3.2 Saran

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin kami jabarkan, akan tetapi karena keterbatasan kami dalam menyusun makalah ini. Dan kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih sangat banyak kekurangan dan itu saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.





DAFTAR PUSTAKA


Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas VII. Bogor: Yudhistira.
Sutrisno, Budi. 2014. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugeng. 2011. Permainan Bola Kecil
Yudi. 2012. Beberapa Sejarah Olahraga Bola Kecil

Salah Satu Contoh Makalah Tentang Bola Kecil, dengan makalah yang kami sajikan ini mudah-mudahan memudahkan Anda dalam melakukan penyusunan Makalah. Dan silakan Anda salin dan Anda editor kembali, bagian yang menurut Anda perlu di tambahi atau di kurangi. Untuk Bahan Materinya sendiri Makalah Bola Kecil menggunakan bahan materi berasal dari buku sekolah dan beberapa sumber Internet lainnya.
Tambahan dari kami untuk Contoh Makalah Tentang Bola Kecil. Kami menyediakan Contoh Makalah ini agar Anda jadikan sebagai bahan tambahan atau Rujukan dalam menyelesaikan Tugas. Dengan Contoh Makalah ini, akan lebih memudahkan Anda dalam menyusun, bagian apa saja yang perlu di buat atau ditambahkan atau perlu Anda Editor Kembali.

Catatan:

Meskipun demikian Anda harus banyak mencari Referensi kembali. Dengan Topik yang sama yaitu Contoh Makalah Bola Kecil Terbaru hanya sebagai tambahan referensi Anda dalam menyusun Makalah tersebut.
Anda juga dapat melakukan Request Makalah di Situs kami secara gratis, dengan cara mengirim email ke Kabarjayaloka@gmail.com. Silakan Anda tulis Judul Makalah yang ingin Anda buat, pada Subject Email. Insya Allah jika kami memiliki cukup luang, kami akan mengkomfirmasi Email Anda. Dan kami akan memberikan pesan balasan jika Makalah Anda akan kami buat.
Selanjutnya misalkan Anda dalam mengunduh atau mendownload Makalah atau Karya Lainnya yang ada disitus kami mengalami error atau gagal karena di serang Virus/Malware. Dapat meminta link Unduhan berkas, dengan mengirim Email yang sama dengan mencantumkan Judul atau Berkas yang ingin di Download. Maka kami akan mengirimkan secara langsung File berkasnya ke Email Anda.

Rekomendasi/Saran:

Sangat Kami sarankan, bagi Anda untuk Searching lagi di Mesin Pencarian dan menuliskan kembali Keyword "Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word DOCS terbaru". Beberapa orang membutuhkan lebih banyak Referensi, dalam menyusun Karya Tulisnya. Dan tentunya dengan pembahasan yang benar-benar pas terhadap tugas yang diberikan kepada Anda.

Lainnya:

Anda juga dapat mencari banyak Makalah di Halaman situs kami, Silakan Menelusuri Semua Makalah di situs kami untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan Tugas Makalah. Atau bisa melihat Kumpulan Contoh Makalah Lengkap dengan Semua Judul Microsoft Word (DOCS) yang dapat Anda gunakan untuk menyusun Tugas Makalah Anda, Selain Itu Anda juga dapat Melihat Kumpulan Contoh Resensi Lengkap Semua Judul Microsoft Word Docs Terbaru.

Pencarian Makalah Terkait:

  1. Kumpulan Contoh- Contoh Makalah
  2. Kumpulan Makalah Terbaru dan Terupdate
  3. Kumpulan Contoh Materi Makalah Bola Kecil SMA dan SMP
  4. Contoh Cara Menyusun Makalah Bola Kecil
  5. Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar
  6. Makalah Microsft Word + Docs Bola Keci
  7. PDF makalah Bola Kecil
  8. Makalah Bola Kecil Terbaru

0 Response to "Contoh Makalah Tentang Bola Kecil Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel