Grogi Saat disuruh Jadi Moderator ( Ini Obatnya saat Diskusi)

Di sekolah pastinya pernah donk kamu, disuruh oleh guru atau teman kamu untuk menjadi seorang Moderator di sekolah. Bagi kamu yang belum pernah, menjadi moderator pasti sedikit grogi dan terbantah-bantah saat ingin memulai sebuah diskusi.

Nah guys, sebenarnya rahasia kesuksesan terbesar dari sebuah diskusi itu ada pada Moderatornya lho. Ibaratnya ni, kamu memimpin sebuah regu pastinya pemimpin regulah yang menjadi penanggung jawab utama. 

Begitupun dalam diskusi. Saat kamu menjadi seorang moderator, kamulah menjadi bagian terpenting yang memegang kendali dari setiap diskusi yang sedang dilakukan. Kamu harus dapat melakukan semua tanggung jawab besar dalam menjalankan sebuah diskusi. 

Diantar anya adalah harus mampu mengontrol jalannya diskusi secara kondusif. Dalam hal ini kaitannya dengan Kelompok yang sedang berdiskusi dengan para Audience yang ada di dalam ruangan.

Karena di ujian terberat menjadi Moderator adalah mengatur orang-orang yang sedang mengikuti diskusi agar dapat mengikuti dan memperhatikan  secara seksama.

Tapi gimana nih mas Alek...? Tenang siapapun bisa menjadi moderator yang baik, namun kalo kita cari namanya kesempurnaan jelas tidak ada. 

Nah saat kamu dipercaya atau mengemban tugas menjadi moderator, beryukurlah berarti kamu dianggap oleh guru/teman/kelompok diskusi memiliki sebuah kemampuan yang baik untuk dapat berbicara di depan publik.

Yang perlu kamu lakukan adalah siap untuk melaksankan tugas tersebut. Urusan kamu bisa atau tidak, nanti kita selesaikan.

Selanjutnya lihat diri kamu, katakan pada diri kamu bahwa kamu bisa menyelesaikan tugas itu dengan sangat baik. Kalau orang lain bisa, tentu saja kamu juga lebih bisa. Sekarang kamu udah punya modal utama, yaitu percaya.

Terus apalagi Mas Alek....?? Oke langkah selanjutnya, kamu memulai dengan sebuah latihan sederhana. Dan latihan ini cukup kamu saja yang tahu, cobalah untuk berdiri di depan cermin dan memulai sebuah kalimat pembuka diskusi. 

Cobalah untuk menyampaikan semuanya secara berurutan, tidak perlu cepat, namun tenang dan jelas.

Cobalah untuk membuka senyum, tunjukan bahwa diri kamu sangat biasa dengan ini. Dan ketenangan merupakan hal yang sangat penting dalam menyampaikan, agar kalimat lainnya dapat tertata rapih.

Ambil kepercayaan teman kamu, dengan mengucapkan salam dan menyapa para Audience di diskusi. 

Contoh 
" Assalam,,,,wbr
Selamat Pagi, dan Salam Sejahtera untuk kita semua".

Dan tidak kalah penting adalah gunakan style atau gaya kamu sendiri dalam menyampaikan, hindarkan meniru gaya orang lain. Karena setiap orang bisa tampil sukses dengan gayanya sendiri.

So untuk selanjutnya, saya yakin kamu bisa mengembangkannya sendiri. Karena beberpa point diatas adalah dasar utama yang perlu kamu kuasai dengan baik sebelum memulai melakukan diskusi.

Oke, the Enjoy aja. Saya sangat percaya kamu bisa melakukan tugas menjadi Moderator. Sukses Always For You...hehehe
Tips Kali ini " Segala sesuatu akan terasa mudah, jika kamu terus berusaha untuk bisa".

0 Response to "Grogi Saat disuruh Jadi Moderator ( Ini Obatnya saat Diskusi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel