Ini Lho Cara Mengenali Imformasi HOAX dan SPAM di Sosmed

Hello Guys....!!!

Mas Alek yakin banget kalian adalah orang yang gak bisa lepas, dengan namanya sosial media. Sebuah Media yag dapat digunakan dalam banyak hal, terutama berkomunikasi secara cepat tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Pada jejaring sosial media ini, beragam Imformasi yang dapat kita dapatkan. 

Bisa dengan mencari sendiri, atau bahkan teman-teman disekitar kita yang membagikannya. Nah namun sering sekali dari kita mendapatkan Imformasi yang hanya untuk Iseng Saja.

Biasanya Imformasi tersebut ditulis secara berulang yang tidak masuk dalam logika atau pikiran sehat kita. 

Nah beberapa contoh ni saya ambi, sering sekali ini terjadi di Whatsapp "Membagikan Kiriman yg tidak masuk akal dan SPAMING dalam kiriman tersebut berisikan perintah kepada kita untuk mengshare kiriman ke beberapa Group. 

Padahal nyatanya, tidak ada yang didapatkan sama sekali. Yang di dapatkan hanyalah kebohongan belaka.
Nah gomongin soal HOAX dan SPAM, sebenarnya apa makna dari kata itu sih?? Beberapa orang mungkin sudah mengerti dari dua kata diatas. Namun untuk memperjelas disini mas Alek akan memperjelasnya lagi.

HOAX merupakan sebuah imformasi yang tidak benar, tidak fakta, dan tidak dapat dipercaya. Nah agan bisa tau kalo imformasi tersebut Hoax adalah imformasi tersebut di dapatkan dari sumber yang tidak jelas, dan membahas yang diluar dari realita sebenarnya.

Contohnya saja " beberapa bulan yang lalu Pengguna Facebook di Indonesia di hebohkan dengan berita, bahwa Facebook akan di tutup. Padahal secara Logisnya, bahwa perusahaan facebook bukanlah pedagang es cendol yang mungkin bisa menutup usahanya kapan saja. 

Padahal jika kita ingin mengaji lebih dalam, bahwa Facebook memiliki server tingkat dewa....hehehe
Maksudnya apa itu mas Alek....? Perusahaan seperti Facebook itu dibangun tidak dengan modal kecil, dan memiliki server yang besar, apalagi banyak sekali para Investor yang menanamkan modal disini.

Masih banyak lagi sebenarnya contoh lainnya, nah terus gimana cara mengatasi imformasi hoax semacam itu? 

Cara paling tepatnya adalah kita memahami dan menelaah Imformasi yang kita terima dengan secara cermat. Mencari data-data dan imformasi-imformasi yang sama pada situs-situs terpercaya di Internet. 

Misalkan situs-situs berita terpercaya di Indonesia, Kompas, BNN Indonesia, Detik, Viva, Liputan 6, Okezone, dan masih banyak lagi.

Dan hindarkan membagikan imformasi-imformasi yang membahas hal yang sangat krusial, kita sendiri nanti yang mendapatkan dampak buruknya. 

Apalgi kalau kenyataannya Imformasi yang kita bagikan itu tidak benar. Bisa saja kita terkena UUD penyalahgunaan IT, Jadi pandai-pandailah dalam melihat imformasi yang datang pada kita.

Selanjutnya mas Alek, gimana dengan SPAM....???

SPAM hampir sama dengan Hoax. Ingat Hoax belum tentu SPAM, namun SPAM sudah pasti HOAX. SPAM adalah imformas yang dibagikan secara berulang-ulang, sehingga bisa membuat orang lain merasa bosan dan menganggu Privasi dalam hal ini ketenangan orang lain. 

Nah contoh dari kiriman SPAM, adalah berisi sebuat Text yang berisi imformasi secara bersama. Contoh kecilnya saja, agan menulis kata " selamat Pagi sebanyak 100X ". 

Hal itu dikatakan spam, selain membahayakan dan merugikan orang lain dapat membuat tangan Keseleo...hehehe

Oke mungkin sampai disini pembahasan mas Alek, sampai jumpa....

Tips kali ini " Jadilah penggunalah Teknologi yang bijak, percuma kalo teknologinya Canggih kalo pemikiran kita masih Primitif".   

0 Response to "Ini Lho Cara Mengenali Imformasi HOAX dan SPAM di Sosmed"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel