Monday, May 14, 2018

Semua Jurusan itu Sama pada Dasarnya Jadi Gak Perlu Minder

Hallo guys, widih udah lama banget kayaknya mas Alek gak kasih informasi pada teman-teman semua. Maklum lagi sibuk di dunia nyata....

Yups emang belakang ini mas Alek lagi banyak nyelesainberkas, maklum calon Mahasiswa Baru. Pamer nih ceritanya mas Alek,,,,hehehe

Gak gan, buka gitu maksud saya, memang semua butuh di persiapin. Apalagi saya sendiri baru kali ini, akan merasakan duduk dibangku Perkuliahan.

Ya memang Mas Alek, meskipun gak ngurusi urusan ini udah super sibuk. Semoga kesibukan ini, membawa hal positif untuk Mas Alek...hehehe Amien.

Ups curhat nih mas Alek ceritanya,,, Masa SMA merupakan masa-masa penuh History bagi lho yang suka buat cerita kayak mas Alek...hehehe

Nah disini curhat tentang Gimana Kalo Salah Jurusan pas Masa SMAnya, apa dampaknya.....?

Nah dalam kehidupan itu kita diberi sebuah pilihan, setiap orang hanya bisa memilih 1 atau beberapa pilihan. Nah yang jarang kita ketahui bahwa kadang apa yang kita pilih gak selamanya bener. Yups, meskipun kadang kita udah yakin 100 % masih aja, kadang kita melupakan suatu hal.

Nah begitu juga pas kalian pada Masa SMA, nih Mas Alek udah ngerasain banget. Gimana rasanya pada masa-masa SMA ini. Semua rasa ada pada diri lho semua, mulai ngerasa paling keren sendiri, paling kuat, paling tampan/cantik, dan paling pinter ndiri. Sehingga itulah bang Roma Irama menciptakan lagu Masa Muda.

Lanjut gan. Nah kalo kalian lagi mau masuk atau udah masuk SMA akan ada yang namanya Penjurusan. Nah kalo di SMA ane, ada dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Namun di beberapa sekolah mungkin bisa lebih.

Nah sistemnya kalo kalian gunain KTSP, penjurusan di lakukan dengan pemberian Angket. Jadi siswa akan mengisi tentang jurusan apa yang akan dipilih.

Sedangkan kalo nggunain K13 kalian akan sudah mulai diseleksi pas mau masuk biasanya dilakukan semacam Tes PSB.

Nah mengingat kalo saya dulu tuh gan, masih pake KTSP jadi dikasih angket untuk milih jurusan.... Pada masah itu gue bingung banget milih IPA/IPS...?

Ane bingung pada awalnya gan,,, milih IPA/IPS keduanya gak bisa dipilih keduanya. Rasanya itu kalian disuruh milih Ayah/Ibu,,, bisa kebayang kan pilihan yang sulit banget menurut saya.

Namun dengan keyakinan dalam hati, akhirnya saya udah nentuin sendiri terhadap apa yang saya pilih. Dan ini adalah hal yang membuat saya bingung terhadap yang saya pilih pada masa itu, karena mengikuti kata hati.

Pada awalnya saya sangat merasa sangat bedah sendiri, dan saya juga merasakan sedikit minder terhadap yang saya pilih. Sempat saya mengusulkan untuk mengganti pilihan yang saya pilih sebelumnya, namun saya juga sangat berat meninggalkannya. Karena memang saya menyukai disana.

Dan akhirnya saya tetap pada pilihan yang pertama, menjalani semuanya secara serius, dan memcoba meraih keunggulan disana.

Hal itu ternyata tidak sia-sia, meskipun saya berbeda pilihan dengan teman-teman saya yang lainnya. Namun hal itu memberikan banyak hal, serta pengalaman tersendiri bagi saya.

Singkatnya cerita, saat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Akhirnya nama saya tertera disana dan lulus pada pilihan pertama. Dan hampir tidak percaya saya, pada saat itu. Namun itulah kabar baik yang saya terima, pilihan yang saya takutkan ternyata tidak seburuk itu.

Dan karena itu saya selalu percaya dengan kata hati saya, Pilihan yang dianggap orang buruk, tidak sepenuhnya buruk bahkan bisa lebih baik dari apa yang mereka pilih.

Dan perbedaan membuat kita bisa maju dengan cara lain, karena Kesuksesan itu sendiri dapat dicapai dengan jalan yang berbeda-beda.

Dan banyak hal yang perlu kamu lakukan, saat memilih sebuah pilihan yang berbeda adalah percaya dengan pilihan yang kamu pilih. Mulailah melangkah dan buat sebuah kesuksesan dan keberhasilan tersendiri yang tidak akan dimiliki orang lain.

Dan kita selalu diajarkan untuk selalu Berdoa, Iktiar, dan Bertawakal pada sang pencipta. Insya Allah dengan semangat juang yang tinggi, kamu pun bisa sukses atau bisa lebih sukses dari orang di sekitarmu.

Hindarkanlah kesombongan, ataupun menghina atau mengunjing terhadap pilihan yang dipilih oleh orang lain. Karena hal itu bisa saja pilihan dia, lebih baik dari pilihan kamu. So mari tetap Rendah Hati dalam banyak hal, dan banyak-banyak Bersyukur pada Allah. Insya Allah keberkahan akan menghampiri kita.....


EmoticonEmoticon