Tips Agar Kamu Tetap Kuat Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Puasa bukan berarti aktivitas fisik kamu menjadi banyak tertunda ya, melainkan sebuah tantangan dan melatih diri kamu agar menjadi pribadi yang dapat bersabar ketika di berikan sebuah ujian.

So jangan bilang kamu gak Olahraga lagi gara-gara puasa ya, karena harusnya kamu menyeimbangkannya Puasa Oke, Olahraga oke, dan tentunya sehat juga Oke. 

Karena olahraga membuat daya tahan tubuh kamu akan lebih optimal dan tentunya akan membuat diri seseorang tidak akan mudah kelelahan. 

Kalau selalu bugar, tentunya stamina pada diri kamu akan selalu siap dalam menjalankan semua pekerjaan kamu.

Nah soal kamu akan melakukan Olahraga di saat puasa Ramadhan ini, apakah tetap bisa? Tentu saja bisa. Seperti kamu singgung diawal, kalo puasa bukan berarti membuat kamu tidak bisa melakukan hal lain.

Melainkan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagai Pribadi Muslim, karena ada balasan yang setimpal yang akan kamu peroleh suatu saat.

Terus bagaimanakah cara agar Olahraga yang dilakukan di Bulan Puasa seperti ini. Tetap memilik manfaat, yang tidak kalah dengan hari-hari biasanya...? 

Berikut ini ada beberapa hal yang akan membantu kamu, agar tetap kuat dan bisa melaksankan Olahraga dengan baik dan tentunya tetap mendapatkan Hasil yang Optimal.

1. Pilih Waktu Olahraga yang Tepat

Nah ngomongin waktu apa yang paling tepat untuk kamu olahraga saat puasa? Tentu saja watu orang dalam melakukan Aktivitas Olahraga itu Relatif. 

Artinya waktu spesifik yang digunakan oleh setiap orang untuk olahrga di waktu puasa itu berbeda-beda. 

Beberapa Referensi Situs Islam menyebutkan bahwa waktu Olahraga yang paling baik adalah saat sudah berbuka Puasa.

Namun ada juga yang menyebutkan, waktu terbaik untuk melakukan Olahraga adalah saat menjelang berbuka Puasa. 

Nah inilah yang saya sebutkan bahwa waktu yang digunakan beda-beda, jadi pilihlah dua waktu tersebut mana yang paling cocok dengan diri kamu.

2. Jenis Olahraga yang Baik dilakukan saat Berpuasa, yang dapat Kamu Pilih

Tentunya dalam berolahraga, kamu tidak sembarangan melakukan gerakan. Apalagi kondisi cukup berbeda dengan waktu pada umumnya.

Ada baiknya kamu memperhatikan,Intensitas Olahraga yang sedang kamu lakukan. Sangat disarankan untuk melakukan kadar gerakan yang ringan hingga sedang saja, misalnya Berjalan, Jogging, dan sepeda. Karena kalau terlalu berat, ditakutkan terlalu memaksakan diri kamu. 

Karena tujuan utama kita, yaitu agar tetap sehat.

 3. Memilih Makanan yang dapat Menunjang Tubuh Kamu Lebih Lama.

Nah dalam melakukan banyak Aktivitas, brarti kitapun membutuhkan Energi yang cukup agar badan kamu tetap feat. Dalam hal ini kaitannya sangat erat dengan apa yang kamu konsumsi. 

Jadi makanan yang dikonsumsi sangat memiliki yang cukup besar, dalam membuatmu bisa melakukan banyak hal. Untuk itu pandai-pandailah dalam mencari makanan yang membuat energi kamu lebih tahan lama.

Beberapa jenis makanan ini, sangat baik kamu konsumsi saat melakukan puasa seperti Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral yang semua itu sangat diperlukan oleh tubuh.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih/air biasa itu sangat penting, agar diri kamu tetap terjaga jumlah cairan yang ada pada tubuh kamu. Karena kekurangan Cairan dapat mengakibatkan diri kamu menjadi Dehidrasi dan lemas dalam melakukan Aktivitas. 

Terutama pada siang hari, akan sangat terasa sekali pada diri. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak banyak melakukan Aktivitas Fisik pada siang hari, agar kamu lebih terhindar dari Dehidrasi.

5. Jaga Waktu Istirahat (Tidur)

Tak kalah penting, yang harus kamu tetap perhatikan adalah waktu Istirahat. Dimana waktu Istrihat, ini memungkinkan diri kamu agar tetap kembali optimal dan prima. 

Kekurangan Waktu Istirahat, sangat buruk untuk kesehatan. Jadi perhatiakn Jumlah waktu tidur kamu karena seseorang membutuhkan sekitar 7-8 Jam/hari.

 Sebagai catatan juga, bahwa kelebihan jumlah Jam Istirahat juga tidak bak untuk kesehatan. Jadi semuanya perlu di seimbangkan.

Begitulah cara agar diri kamu tetap bisa melakukan Aktivitas Olahraga dengan Baik, meskipun Tubuh masih dalam keadaan berpuasa. 

Semoga Puasa Ramadhan kali ini, dapat kamu tuntaskan sampai akhir ya. So semoga tubuh kamu tetap sehat, dan tidak kalah penting keberkahan di bulan Ramadhan ini tetap di dapatkan.  

0 Response to "Tips Agar Kamu Tetap Kuat Olahraga Saat Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel