Monday, June 11, 2018

Apa yang Harus Kamu Lakukan saat Dinyatakan Lolos SBMPTN?

Apa yang Harus Kamu Lakukan saat Dinyatakan Lolos SBMPTN?

Meskipun hasil pengumuman menyatakan bahwa adik-adik tidak lolos SNMPTN, jangan sedih buktinya sekarang adik-adik lolos di jalur ke 2 yaitu SBMPTN. KK yakin pas kalian check hasilnya, ini lebih menegangkan dari SNMPTN. Tapi syukur dan kk beri ucapan selamat, buat kalian yang lulus SBMPTN tahun ini. Berarti jadi Calon Maba (Mahasiswa Baru) di PTN pilihan adik-adik. Dinyatakan lulus bukan berarti adik-adik sudah selesai ya, namun adik-adik harus mengurus beberapa hal ini. Dan ini sangat wajib, yang akan dilakukan oleh Calon Mahasiswa Baru pada umumnya.

Baca Juga:


Apa saja sih K yang harus Aku lakuin kalo udah lolos di SB, Berikut ini hal-hal yang perlu adik-adik urus sebagai calon Maba.

#Mengecek dan Mengurus Berkas Pendaftaran Ulang

Jadwal daftar ulang berbeda-beda antara satu PTN dengan PTN lainnya, pastikan adik-adik untuk selalu mengikuti Info update di situs masing-masing PTN, Grup dan lainnya. Karena kalau adik-adik sampai lupa gak daftar ulang di PTN yang menerimamu hingga waktu yang telah ditentukan, adik-adik bakal dianggap mengundurkan diri. Jangan sampai ini terjadi ya, sia-sia entar SBMPTNnya. Kalo adik-adik bingung dalam mengisi  Formulir. Silakan banyak Tanya-tanya sama KK yang kuliah di PTN yang adik pilih.

#Membayar Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Hal ini menjadi salah satu persayaratan bagi adik-adik baik yang lolos SNMPTN maupun SBMPTN. Namun untuk adik-adik yang Bidikmisi belum langsung disuruh membayar biasanya. Untuk kisaran biaya UKT, tentunya berbeda-beda di tiap universitas. Maka, adik-adik harus cek dengan segera nih agar bisa mempersiapkan biayanya.

#Test Kesehatan

Test kesehatan ini berbeda-beda sistemnya di setiap Universitas, akan tetapi pelakasanaan tes kesahatan biasanya dilakukan di PTN yang terkait. Dengan tujuan untuk mengetahui, apakah adik-adik terbebas dari Narkoba atau hal membahayakan lainnya.

#Membawa dan Menyerahkan Berkas Daftar Ulang

Untuk dokumen apa saja yang perlu adik-adik bawak, biasanya sudah diumumkn pada situs masing-masing PTN. Umumnya Berkas yang dikumpulkan biasanya adalah kartu seleksi SBMPTN, formulir registrasi daftar ulang, fotocopy ijazah, SKHUN, pas foto, materai, dan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari dokter (jika PTN tidak menggelar tes kesehatan), bukti pembayaran UKT, KK, dan slip gaji orang tua dan lainnya. Pastikan tidak ada yang lupa atau tertinggal ya.


#Menetukan Tempat Tinggal

Terkahir penting bagi adik-adik mencari tempat tinggal, apakah adik-adik ingin tinggal di Asrama, Kos-kosan, Rumah Sususn, Apartemen, atau lainnya…? Silakan adik-adik tentukan, dan konsultasikan semuanya pada orang tua adik-adik terlebih dahulu. Kemudian mencari imformasi sebanyak-banyaknya soal Tempat tinggal yang akan adik-adik pilih nantinya.
Nah itulah yang perlu adik kerjakan saat sudah tahu bahwa adik-adik sudah dinyatakan lolos SBMPTN.


EmoticonEmoticon