Ini Lho Bedanya SNPMTN/SBMPTN/UM

Ini Lho Bedanya SNPMTN/SBMPTN/UM
Bedanya SNMPTN,SBMPTN, dan UM

Cie-cie yang udah mau lulus dari SMAnya, emzz siapa juga tuh yang akan lanjut kuliah yang juga akan jadi Maba. Terkusus untuk adik-adik yang akan kuliah, tetap semangat y. Nah kali ini KK, akan sedikit sharing soal Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN atau juga dengan UM. Mungkin adik-adik sudah mendengar istilah itu, walaupun gak ngerti maksudnya. Nah bagi adik-adik yang belum tahu, wajib baca artikelnya sampai tuntas ya biar paham perbedaan ke-3nya oke…!

#Apa itu SNMPTN…?

SNMPTN adalah singkatan dari (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dalam proses dan pelaksanaannya dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Jalur SNMPTN ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali, yang diikuti oleh Siswa/Siswi di seluruh SMA/SMK/MA di Indonesia. Dengan system seleksi secara Nasional. Apa maksudnya K…? 

Pada tahap seleksinya lebih ditekankan pada nilai Raport & Prestasi Akademik yaitu prestasi unggulan dan masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester 3, semester 4, dan semester 5 dengan akreditasi sekolah yang baik. Pendafataran pada jalur SNMPTN ini gratis…!

#Apa itu SBMPTN…?

Selanjutnya tentang SBMPTN. SBMPTN adalah (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), masih dibawah naungan Kemenristek. Dan juga diselenggarakn serentak di Seluruh Indonesia, setelah di Umumkannya jalur pertama atau SNMPTN tadi. Seperti Apa itu K…? Jalur SBMPTN diperuntukan bagi adik-adik yang tidak lolos di Jalur SNMPTN. Nah yang membedakannya adalah pada jalur kedua ini, adik-adik akan mengikuti Ujian Tertulis atau ada juga yang berbasis computer. Bagi adik-adik yang mengikuti Jalur SBMPTN untuk Bidikmisi tetap Gratis, kecuali non Bidikmisi harus membayar untuk mendapatkan KAP & PIN.

Adik-adik harus tahu bahwa SBMPTN terbagi menjadi 3 kelompok tes antara lain:

1. SAINTEK (bagi kamu yang memilih jurusan IPA)
2. SOSHUM (bagi kamu yang memilih jurusna IPS)
3. IPC (bagi kamu yang memilih jurusan IPA dan IPS)

Nah system test itu disesuaikan dengan jurusan yang adik pilih di PTN, Nah saran kk pilih jurusan yang sesuai dengan adik-adik pas SMA dulu. Jangan nanti pas SMA nya jurusan IPA malah pilih soal-soal Ips atau Juga yang IPS jangan pas kuliah malah pilih jurusan IPA kan gk nyambung.

Selain itu adik-adik harus tahu bahwa SBMPTN ini memiliki syarat kelulusan, diantaranya:

1. Kelompok Saintek dengan mata uji TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik), TKD (Tes Kemampuan Dasar) Saintek

2. Kelompok Soshum dengan mata uji TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik), TKD (Tes Kemampuan Dasar) Soshum

3. Kelompok Campuran dengan mata uji TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik), TKD (Tes Kemampuan Dasar) Soshum dan TKD (Tes Kemampuan Dasar) Saintek.

#Apa itu UM…?

Terakhir ada UM. Apa itu K jalur UM? UM atau Ujian Mandiri ini adalah sebuah seleksi dengan ujian dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri  Yang adik pilih. Pada jalur UM ini tiap Universitas beda-bedah system dan mekanisme pelaksanannya. Seleksi ujian mandiri hampir sama dengan tes SNMPTN dan SBMPTN yang meliputi TKD (Tes Kemampuan Dasar), TPA (Tes Potensi Akademik), dan Tes Kelompok Saintek/Soshum dengan beragam soal-soal ujian sesuai dengan kelompok tes yang kamu pilih. Untuk imformasi tentang UM, dapat adik-adik cek di Situs PTN masing-masing.

Gimana soal Biaya K…?

Semua biaya ditanggung oleh peserta yang ikut Seleksi Mandiri. Artinya pemerintah tidak lagi menanggung biaya untuk jalur pendaftaran ini.

Catatan:

Untuk adik-adik yang akan mengikuti jalur tersebut, mohon dipersiapkan dengan baik. Terutama untuk jalur ke 2 lebih dipersiapkan, karena bisa saja adik-adik tidak lolos di jalur pertama. Jadi adik-adik mulai sekarang  harus sudah membuat keputusan apa yang akan adik pilih nantinya.

0 Response to "Ini Lho Bedanya SNPMTN/SBMPTN/UM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel