Tuesday, July 17, 2018

Cara Membuat Surat Keterangan Kehilangan Yang Baik dan Benar


Daftar Isi
  1. Apa itu Surat Kehilangan?
  2. Apa Fungsi dari Surat Kehilangan?
  3. Struktur dan Susunan yang Ada pada Surat Kehilangan
  4. Bagaimana Membuat Surat Kehilangan yang Baik?
  5. Kesimpulan Tentang Surat Kehilangan

1. Apa itu Surat Kehilangan?

Contoh Surat Keterangan Kehilangan Yang Baik dan Benar
Contoh Surat Kehilangan
Surat kehilangan adalah sebuah surat yang berisikan sebuah pernyataan tentang sebuah kehilangan dapat berupa Berkas, Barang tertentu, atau sejenisnya. Surat Kehilangan sering diminta oleh keluarga atau masyarakat yang mengalami kehilangan jenis dokumen tertentu, dan yang sifatnya sangat penting. Contohnya: Kehilangan KTP, Kartu BPJS, Ijazah, dan masih banyak lagi.

Surat kehilangan ini dibuat di pemerintahan, dengan diketahui kepala Desa setempat. Imformasi lebih lanjut terkait dengan Surat kehilangan, akan kita pahami pada penjelasan selanjutnya.

2. Apa Fungsi dari Surat Kehilangan?

Sekarang kita sudah mengerti dari arti surat kehilangan itu sendiri. Namun rasanya belum pas, kalau kita belum mengerti tujuan atau fungsi dari surat kehilangan yang dibuat. Surat Kehilangan dibuat di gunakan oleh seseorang untuk memberikan sebuah kejelasan, atas kejadian yang menimpanya yaitu berupa kehilangan seperti di jelaskan pada point 1.

Dengan Adanya surat kehilangan ini, dapat membantu seseorang mendapatkan kembali terhadap doumen yang hilang. Hal ini akan ditindak lanjuti oleh pihak berwenang, dan seseorang yang memberikan surat kehilangan tadi. Bisa mendapatkan gantinya, dan pembuatan baru terhadap dokumen yang hilang.

Selain itu dengan Adanya surat kehilangan ini, dapat membantu agar tidak terjadinya sesuatu yang kita inginkan. Baik itu berupa penyalahgunaan  data atau Identias orang lain.

3. Struktur dan Susunan yang Ada pada Surat Kehilangan

Agar kita dapat membuat surat kehilangan yang baik, penting bagi kita semua untuk melihat susunan-susunan yang ada pada surat kehilangan. Berikut ini susunan yang ada pada surat kehilangan:
  1. Kop atau Kepala Surat, terletak pada bagian paling atas pada surat kehilangan. Yang berisikan Institusi/Lembaga/ Pemeritahan tempat dibuatnya surat kehilangan tersebut.
  2. Nomor Khusus surat, artinya terdapat nomor yang diberikan oleh pemerintahan. Pada umunya kode nomor tersebut, berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Contohnya: NO :140/      /SKKh/KBT/2017.
  3. Kesaksian dan Identitas seseorang yang mengalami kehilangan tersebut. Identitas disini diantaranya meliputi: Nama, Tempat Tgl Lahir, Jenis Kelamin, dan terakhir Alamat.
  4. Barulah setelah itu membuat sebuah pernyataan, dan ditambahkan keterangan kapan terjadinya peristiwa kehilangan tersebut.
  5. Untuk Memudahkan dalam pembuatan surat kehilangan, pada point selanjutnya sudah saya sajikan contoh surat kehilangan. Dan jangan lupa untuk mendownload Versi dokumennya ya.

4. Bagaimana Membuat Surat Kehilangan yang Baik?

Berikut ini contoh salah satu Surat Kehilangan yang baik, yang dapat kamu coba. Lihat juga Cara Membuat Surat Keterangan Domisili yang Baik


PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS
KECAMATAN JAYALOKA
DESA NGESTIBOGA II



SURAT KETERANGAN KEHILANGAN
NO :140/      /SKKh/KBT/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Ngestiboga II, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas dengan ini menerangkan bahwa yang namanya dibawah ini :

Nama : Alek Sander
Tempat Tgl Lahir : Ngestiboga II, 05 Mei 1999
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Desa Ngestiboga II, Kecamatan Jayaloka Kab. Musi Rawas


Dengan ini menerangkan bahwa pada Hari ini Jum’at 15 Desember 2017 yang bersangkutan telah melapor/menghadap saya dan menyatakan bahwa benar pada Hari ini Jum’at 15 Desember 2017 sekitar pukul 09.00 WIB telah kehilangan (kececeran) Satu buah Dompet di lokasi sekitar perjalanan dari Desa Ngestiboga II Menuju  Kab. Musi Rawas dimana isi dari Dompet tersebut sebagai berikut :
- KTP An
- Kartu JAMKESMAS An.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.


Ngestiboga II,…………..2017
An.Kepala Desa



AMIR SARIFUDIN

5. Kesimpulan Tentang Surat Kehilangan

Surat kehilangan ternyata memberikan banyak manfaat ya bagi kita yang mengalami sebuah kehilangan terhadap dokumen tertentu. Oh ya seperti janji saya sebelumnya, saya sudah menyiapkan contoh surat kehilangan untuk versi PDFnya.


9 komentar

kehilangan STNK harus mendapat surat kehilangan dari kepolisian biar makin ceppat mengurusnya

Waahh!! Menarik nih bisa jadi contoh serta buat pembelajaran...Karena terkadang bingung ingin buat surat menyurat...izin download sob..😄😄

Sepintas tampak mudah membuat kalimat demi kalimat, bagi yang belum pernah membuatnya pasti akan kesulitan saat menulisnya. Untung ada contoh yang bisa menjadi tiruannya.

Wahhh berfaedah banget nih buat yang lagi kena musibah kehilangan

Aku jg pernah sih bikin, tp dibikinin polisi langsung

Nah thanks mas atas tambahannya (y). Itu juga adalah tips untuk teman-teman yang kehilangan STNK.

Ya begitulah sob, Semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan...!

Thanks Ya mas Djangkaru Bumi, Penulisan harus spesifik mas biar pembaca mudah untuk mengingat dan memahaminya. Dan meskipun mungkin sudah banyak artikel sejenis, namun saya membuatnya dengan Gaya berbeda dan lebih sedikit lebih mendalam.

Thanks Mas. Sebenarnya, hal ini juga bisa dibuat oleh Institusi/Pemerintahan jika kita hendak membuatnya. Namun ini sekedar contoh, untuk yang ingin mengetahui gambaran soal surat Kehilangan.

Artikel yang bermanfaat dan informatif ini! Tapi setiap orang tak berharap kehilangan tentunya, ya. :D


EmoticonEmoticon