Wednesday, August 15, 2018

2 Cara Paling Mudah Membedakan Situs itu Punya Keamanan yang Baik atau Tidak

Hallo guys ngomongin tentang keamanan, kayaknya sesuatu yang berhubungan dengan namanya perlindungan sebuah Sistem dan perangkat. Tapi perlindungan itu gak hanya dibutuhkan oleh sistem aja lho ya. Kenapa gitu? Karena semua butuh perlindungan termasuk diri kita juga lho.

Nah begitu juga dengan situs web maupun blog yang beredar, ada yang punya keamanan dan ada juga yang gak terlalu memperhatikan hal tersebut. Namun bagi kita pencari Informasi agar lebih nyaman, carilah situs yang memiliki tingkat keamanan yang baik.

Namun saya disini gak akan membahas, soal macam-macam keamanan pada situs web. Namun disini saya akan memberikan cara melihatnya saja dari cara paling simple dan sederhana. Dan gak perlu pengetahuan khusus untuk dapat membedakan sebuah keamanan pada situs web. Kita yang awam aja mudah banget ko, gimana tuh Guys...?

Kali ini, saya menggunakan 2 gambar untuk perbandingan antara situs yang sudah memiliki keamanan, sama dengan situs yang belum memiliki keamanan. 
Contoh Pada Web Situs Blog Kabar Jayaloka
Ilustrasi By My Document
Pada gambar yang paling pertama, merupakan gambar Ilustrasi dari Situs saya sendiri.

Contoh Situs dari Situs Lain
Ilustrasi By My Document
Pada gambar kedua ini, saya mengambil dari situs Blog teman saya sebagai Ilustrasinya.

Sebenarnya sederhana saja sih, cara membedakannya. Cukup agan lihat url/hyperlink yang ada pada situs Blog itu. Klo dia menggunakan awalan https:// biasanya sudah memiliki keamanan. Namun klo hanya menggunakan awalan hanya http:// biasanya belum memiliki tingkat keamanan.

Dari browser biasanya, seperti saya menggunakan Chrome situs yang menggunakan https akan berwarna hijau pada adress, sedangkan yang belum ada tanda meranya.

Itu saja sih Info dari saya kali ini. Sebagai catatan akhir, ini hanya cara sederhana saja. Banyak ko cara yang lebih spesifik lagi soal keamanan web. Namun sebagai catatan akhir dari saya adalah meskipun situs sudah punya kemanan yang baik namun tidak menjamin bahwa situs itu benar-benar baik ya. Artinya relatif dari penilaian kitanya lagi..hehehe

Selagi gak merugikan pembaca dan user, sih gak masalah. Asalkan jangan terlalu banyak muncul scrpt yang ngak-ngak...hehehe



2 komentar

untunglah situsku sudah https
tapi kadang bingung tanda gembok di bagian ujung itu gimana sih mas
bisa hijau kadang masih ada tanda seru padahal udah https

Betul, mas Alex.
Kalau sudah https itu tandanya sudah aman.
Bila belum https mudah diretas.


EmoticonEmoticon