Sunday, August 5, 2018

Sejarah Fakultas Ilmu Komputer UNSRI Kampus Keren Versi Sumatra

Hallo adik-adik SMA atau SMK yang pengen kuliah di Jurusan Komputer, silakan mulai sekarang siapkan diri kalian untuk semuanya. Bagi kalian yang akan masuk ke jurusan komputer, tentunya itu merupakan pilihan yang paling bagus dan oke banget untuk kalian ingin Ahli di bidang IT. Apalagi untuk zaman yang serba menggunakan teknologi semua, dalam prosesnya. Tentunya ini hanya diperuntukan untuk kalian yang memiliki minat disini ya, bukan sekedar ikut-ikutan saja. Untuk kalian yang mungkin akan kuliah di jurusan komputer, di wilayah Sumatra UNSRI adalah salah satu kategori Universitas Negeri yang Populer di Sumatra. Untuk prestasi Akademik maupun non Akademik jangan diragukan lagi, baik pada tingkat Nasional maupun Internasional.

Namun kurang pas rasanya, jika kalian belum mengenal sejarah Fakultas Ilmu Komputer yang ada di UNSRI ini. Berikut ini penjelasan Sejarah Singkat terbentuknya Fasilkom Universitas Negeri Sriwijaya.
Yok ke Fasilkom
Generasi Tekno
Sebenarnya Keinginan untuk mendirikan sebuah Fakultas Komputer telah ada sejak tahun 1985 hal ini merupakan sebuah keingiinan banyak masyarakat untuk dapat belajar Teknologi dengan baik di wilayah Sumatra Selatan. Mulai saat itu juga pihak Universitas Negeri Sriwijaya, melakukan pelatihan kepada para dosen untuk melanutkan ke pendidikan secara Profesional di bidang Komputer baik ke tingka dalam Negeri maupun luar Negeri.

Pada saat itu juga fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang ada di Unsri sudah cukup mewadai saat Puskom Unsri menerima 2 (dua) kali hibah bersaing dari Departemen Pendidikan Nasional yakni mulai tahun 1999 s.d. 2003 dan TPSDP tahun 2003 s.d. 2007, keinginan tersebut mulai mengkristal. Rektor Unsri Prof. Dr. Zainal Ridho Djafar, Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Mustafa Abdullah, Kepala Pusbandik Dr. Rujito Agus Suwignyo dan Kepala Puskom, Drs. Saparudin, M.T. pada bulan Juli tahun 2002 mulai membicarakan secara intensif rencana pembukaan Program Diploma Komputer Unsri.

Barulah pada Oktober 2002, di bentuklah panitia persiapan pembukaan Program Diploma Komputer , dan  saat itu yang ditunjuk dan di percayakan menjadi ketuanya adalah Dr. Zulkardi, M.Ikom., sekretaris Ir. Bambang Tutuko, M.T. dan anggota, Dr. Rujito Agus Suwignyo dan Drs. Saparudin, M.T. 

Kemudian pada Maret 2003, dilakukan Revisi pengurusan, karena Dr. Zulkardi, M.Ikom mendapat penugasan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi Sumsel. Sebagai gantinya  Drs. Saparudin, M.T. menjadi ketuanya dan ditunjuk beberapa anggota baru yakni Erwin, M.Si., Syamsuryadi, M.Kom dan Ir. Iwan Pahendra, M.T.

Berkat dukungan semua pihak  terutama dukungan yang kuat dari Rektor, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Provinsi Sumatera Selatan serta komitmen dan kerja keras panitia, sehingga Pembukaan Program Diploma Komputer Unsri dapat terlaksana pada tahun2003. 

Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) menerbitkan surat izin pembukaan 3 (tiga) program studi, yakni Manajemen Informatika D-III, Teknik Komputer D-III dan Komputerisasi Akuntansi D-III. 

Melihat kondisi wilyah sumsel yang terus mengalami kemajuan, menuntut Universitas Sriwijaya untuk dapat memberikan kontribusi yang besar untuk warga Sumsel dan seluruh masyarakat Indonesia di semua Bidang, termasuk dalam hal ini penguasan Teknologi yang baik. Hal ini juga yang melatar belakangi bedirinya Fakultas Ilmu Komputer di Unsri.

Dengan koordinasi yang baik dari Rektor Unsri, Prof. Zainal Ridho Djafar dan Tim Pendirian Program Ilmu Komputer Unsri yang diketuai oleh Drs. Saparudin, M.T. mulai menyusun naskah studi kelayakan pendirian Program Ilmu Komputer Unsri.  Hal ini ternyata tidak sia-sia, sebuah perjuangan keras menghasilkan sesuatu yang baik juga untuk Universitas Sriwijaya.

Pada saat itu 2 program yaitu Program Studi Teknik Informatika jenjang S1 dan Program Studi Sistem Komputer jenjang S1 mendapat persetujuan Dirjen Dikti pada Juni 2005.
Sekitar kurang lebih 2 tahun barulah Fakultas Ilmu Komputer UNSRI ini, dapat dikelolah secara swadana dan swakelolah. 

Setelah mempelajari naskah akademik yang terdiri dari evaluasi diri dan proposal PIK dan PDK Unsri, Dirjen Dikti pada tanggal 22 Februari 2006 menerbitkan surat izin pembukaan Fakultas Ilmu Komputer Unsri dengan sistem pengelolaan fakultas secara swadana dan swakelola. 

Dalam prosesnya telah dilakukan beberapa kali rapat senat universitas sriwijaya, sehingga pada tanggal 1 Desember 2006 barulah Fakultas Ilmu Komputer UNSRI resmi berdiri.

Adapun yang menjadi Visi dari Fasilkom UNSRI:
"Fakultas Ilmu Komputer pada tahun 2020 menjadi program pendidikan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bermutu, relevan dan memiliki daya saing yang tinggi dalam penyelenggaraan tridharma".
Misi Fakultas Ilmu Komputer adalah :
  1. Mampu menyelenggarakan akademik, manajemen dan keuangan secara efisien, efektif, berkualitas dan otonom;
  2. Mampu menciptakan organisasi yang sehat dan suasana akademik yang kondusif;
  3. Mampu memberikan kontribusi pada daya saing bangsa dan pengembangan masyarakat madani.

PIMPINAN FAKULTAS
  • Dekan : Jaidan Jauhari, S. Pd. M.T.
  • Pb. Dekan I : Syamsuryadi, S.Si., M.Kom., Ph.D. 
  • Pb. Dekan II : Mgs. Afriyan Firdaus, S. Si. M.IT.
  • Pb. Dekan III : Fathoni, S.T., MMSI.


JURUSAN
  • Teknik Informatika (http://if.ilkom.unsri.ac.id)
  • Program Studi Teknik Informatika (S1 Reguler)
  • Program Studi Teknik Informatika (S1 Bilingual)
  • Sistem Komputer (http://sk.ilkom.unsri.ac.id)
  • Program Studi Sistem Komputer (S1 Reguler)
  • Program Studi Sistem Komputer (S1 Profesional)
  • Program Studi Teknik Komputer (D3)
  • Program Studi Teknisi Komputer dan Jaringan (TKJ) (D3)
  • Sistem Informasi (http://si.ilkom.unsri.ac.id)
  • Program Studi Sistem Informasi (S1 Reguler)
  • Program Studi Sistem Informasi (S1 Profesional)
  • Program Studi Sistem Informasi (S1 Bilingual)
  • Program Studi Manajemen Informatika (D3)
  • Program Studi Komputer Akuntansi (D3)
  • Pasca Sarjana
  • Program Studi Teknik Informatika


Begitulah sejarah dari Fasilkom UNSRI, dan untuk mahasiswa yang ada disana sangat beragam. Sering juga dilakukan pertukaran Mahsiswa, baik dalam Negeri maupun Luar Negeri.
#HidupMahasiswa #HidupRakyatIndonesia

7 komentar

Fakultas Komputer memang tengah menjadi primadona di jaman sekarang. Tapi jangan terlalu memaksakan jika kemampuan matematika dan logika tidak memadai, nanti gak kuat :)

Sebernarnya Relatif juga sih, bukan berarti orang yang masuk Fasilkom itu anak2 yang pinter Matematika. Banyak juga sob, yang gak pinter matematika namun hobinya di Komputer. Tapi klo kita terus belajar, pasti bisa. Gak ada yg sulit, klo kita punya kemauan.

Fakultas Ilmu Komputer merupakan jurusan dan keahlihan yang cukup bergengsi di era sekarang, bahkan peluang pekerjaan perkantoran kini kebanyakan membutuhkan ilmu komputer

Memang sob, jadi tetap semangat buat yang masuk jurusan dibidang Komputer ini. Prospeknya sangat luas kedepan.

Fakultas ilmu komputer memang keren, tapi ada pertanyaan nih, apakah di unsri sendiri memang diperbolehkan mendapat/menggunakan tawaran joki untuk membantu si mahasiswa supaya bisa lulus dan dapat gelar? Karena agak kecewa aja ketika tahu di salah satu kampus daerah saya sendiri kalau dosen memang memperbolehkan mahasiswanya menggunakan jasa joki di fakultas ilmu komputer. Atau mungkin memang sudah begitu budaya nya ya?

Nggak sekalian dilengkapi dengan prospek kerjanya?

Sukses terus UNSR.
Seandainya waktu dapat diputar kembali, aku pasti memilih studi IT, karena era sekarang tenaga staff komputer sangat banyak dibutuhkan.


EmoticonEmoticon