Kuliah di UNSRI enak gak sih? Pengalaman Saya di Awal Kuliah

Halo Nama saya Alek Sander, disini saya akan cerita gimana rasanya kuliah di Univeristas Sriwijaya. Ini saya jawab ada dari teman saya menanyakan gimana rasanya jadi seorang Mahasiswa di Kampus UNSRI.

Tapi jujur diawal ini saya sangat bersyukur pada Allah swt, karena ini semua tidak lepas dari kuasanya sehingga saya saat ini dapat mengenyam pendidikan tinggi. Dulu masa MTS saya tidak pernah terbayang untuk kuliah mengingat kondisi ekonomi orang tua saya tidak memungkinkan. Sempat saya ceritakan pada ibu saya, jika kelak saya telah mengnyam pendidikan di SMA saya akan bekerja membantu mereka.

Namun semuanya berbeda, kondisinyapun berputar menjadi 360 drajat. Setelah saya banyak melihat kisah-kisah orang yang dari keluarga biasapun bisa mengenyam pendidikan tinggi. Sehingga terpikir di benak saya, mereka saja bisa kenapa saya tidak?


Waktu itu saya sedang duduk dibangku kelas X SMA, memang diawal masuk sekolah saya sudah berkomitmen untuk dapat memberikan dan meraih prestasi yang baik dikelas. Meskipun saya tidak tahu pada masa itu apakah semuanya bisa mengubah keadaan saya.

Ternyata perjuangan saya selama 3 tahun di SMA tidak sia-sia, membuahkan sebuah hasil juga ternyata. Saat itu saya mendapatkan Informasi bahwa sekolah merekomendasikan anak-anak yang memiliki prestatsi yang baik untuk mengikuti jalur seleksi masuk PTN.

Dan disanalah saya benar-benar merasakan sebuah Kebahagian, walaupun pada waktu itu saya tidak tahu apakah dengan mengikuti jalur seleksi tersebut saya dapat diterima di PTN yang di inginkan. Dalam hatiku berkata, ini kesempatan kamu Alek Sander untuk menunjukan bahwa kamu bisa mencapai keinginan terbesar kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Singkat cerita saya mengikuti Seleksi tersebut, jalur pertama seleksi tersebut dikenal dengan jalur SNMPTN. Sayapun disuruh untuk menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan. Dan memang pada masa SMA saya juga sudah memiliki sedikit kemampuan dibidang Komputer. Sehingga saya diajak oleh guru saya yaitu bagian Kurikulum untuk ikut melakukan pengiriman data siswa yang mengikuti jalur seleksi tersebut bersama 3 rekan saya yang lainnya.

Kurang lebih 2 hari saya dirumah guru saya, untuk melakukan proses pengiriman. Oh ya waktu itu jurusan yang saya pilih adalah :

  1. Sistem Informasi di UNSRI
  2. Manajemen di UNSRI
  3. Pendidikan Sosiologi di UNP
Memang saya mentitik fokuskan pilihan saya di Universitas Sriwijaya. Karena saya memang memiliki hobi dibidang komputer. Namun kenapa saya memilih jurusan Sistem Informasi karena saya ingin tidak hanya ahli dibidang Teknologi Informasi, namun juga memiliki soft skill yang baik juga dalam bidang yang berkaitan dengan IT.

Oke langsung masuk pas awal kuliah di UNSRI. Jadi semenjak saya udah dapat informasi bahwa saya diterima di Universitas Sriwijaya, jujur saya benar-benar bahagia. Karena saya mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pas masuk ke gerbang utama saja, dalam hati saya wow banget memang. Saya menemukan banyak orang yang beragam, tidak hanya didominasi orang sumatra saja. Namun di Universitas Sriwijaya banyak juga Mahasiswa dari wilayah indonesia yang lain, Intinya dari sabang - Merauke. 

Dan saya juga ketemu orang diluar Indonesia seperti Mahasiswa Jepang, Thailand, Vietnam, dll
Karena di Universitas Sriwijaya ada yang namanya pertukaran pelajar. Contohnya saja di jurusan saya sendiri, terdapat program pertukaran pelajar luar Negeri.

Secara bertahap akhirnya saya merasakan bagaimana Aura menjadi seorang Mahasiswa, intinya bedah banget dengan masa SMA dulu.

0 Response to "Kuliah di UNSRI enak gak sih? Pengalaman Saya di Awal Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel