15 Objek Wisata Pagaralam yang Banyak di Serbu Pengunjung

Ceritanya lagi jalan- jalan ke Pagaralam ya? Kira- kira ke prabumuli mau ngapain? Liburan atau hanya sekedar pulang ke tempat keluarga atau juga sedang reflesing otak yang udah ngerjain banyak tugas di kantor kalo yang udah kerja,  tentunya beda-beda ya tujuannya.

Pagaralam


Sebagai info ni, di Pagaralam itu banyak objek wisata yang dapat kalian kunjungi. Semuanya benar-benar mengagumkan untuk kunjungi. Namun jangan kwartir saya sudah, merangkumnya khusus Anda. Sebagai informasi tambahan bahwa Kota ini memiliki luas sekitar 633,66 km² dengan jumlah penduduk 126.181 jiwa dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 199 jiwa/km².
Sementara dari Terminal Pagar Alam menuju ke kaki Gunung Dempo hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dan untuk mencapai jalur pendakian di Kampung IV butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Read more https://nyero.id/jalur-pendakian-gunung-dempo/

Berikut ini Tempat Wisata Pagaralam terpopuler, yang bisa Anda coba: 

1. Dempo Park

Lokasi wisata ini terletak di: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan

1. Dempo Park
Gambar: youtube.com
Catatan untuk tempat wisata ini Tiket masuk ke Dempo Park sebesar Rp. 2.500 per orang. Ada beberapa spot foto yang mengenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 per lokasi, seperti spot foto berbentuk hati dengan latar Bukit Barisan.

2.  Green Paradise Pagaralam
Lokasi objek wisata ini di : Bumi Agung, Dempo Utara, Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.
Green Paradise Pagaralam
Informasi bagi Anda yang berkunjung kesana, untuk harga tiket Rp 5000 bagi dewasa dan Rp 2500 untuk anak-anak. Setelah itu Anda dapat menikmati semua Aktivitas dan Wisatanya.

3. Gunung Dempo

Lokasi Objek Wisata ini di: Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, Kota Pagaralam.
Gunung Dempo
Gambar: Tribunnews.com
 Untuk menempuh tempat itu dari Palembang, Anda membutuhkan waktu sekitar 7 Jam. Untuk mencapai lokasi, dari terminal Pagar Alam terlebih dulu mencarter mobil/taksi jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero yang jaraknya mencapai 8 km dari terminal. Mobil carteran akan tiba ke desa terdekat dari puncak gunung Dempo bernama Kampung 4 yang dapat memakan waktu lebih dari 20 menit karena jalannya cukup terjal dan berkelok melewati hamparan kebun teh hijau. Dari sana, proses pendakian dapat dimulai.
 

4. Gunung Dempo Street

Lokasi Objek Wisata ini di: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
Gunung Dempo Street
Gambar: wisatalengkap.com
 Hal yang menarik dari di Gunung Dempo Street ini, Anda akan menikmati pemandangan yang Indah di setiap pelokan-pelokan jalannya.


5. Lereng Gunung Dempo

Lokasi objek wisata ini di: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
Lereng Gunung Dempo

Disini Anda dapat melihat Pemandangan yang memukau dan dipenuhi Arena Andrenalin yang Xstrem.

6. Jalur Pendakian Gunung Dempo

Lokasi objek wisata ini: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
Jalur Pendakian Gunung Dempo
Gambar: Nyero.ID
 Disini Anda akan merasakan Tantangan terbesar, untuk menaklukan Alam di Pagaralam. Dengan berbagai Mitos dan Legenda yang Melegenda hingga saat ini.


Sementara dari Terminal Pagar Alam menuju ke kaki Gunung Dempo hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dan untuk mencapai jalur pendakian di Kampung IV butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Read more https://nyero.id/jalur-pendakian-gunung-dempo/
Sementara dari Terminal Pagar Alam menuju ke kaki Gunung Dempo hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dan untuk mencapai jalur pendakian di Kampung IV butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Read more https://nyero.id/jalur-pendakian-gunung-dempo/
Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi ke-3 di Sumatera setelah Gungung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Mdpl dan Gunung Leuser dengan ketinggian 3.404 Mdpl.

Read more https://nyero.id/jalur-pendakian-gunung-dempo/
7. Tangga Seribu Pagaralam
Tangga Seribu Pagaralam
Gambar: Srivijaya.id
Dari arah pusat kota kami menuju ke kawasan wisata Gunung Gare. Kami pun tiba di komplek perkantoran pemerintah daerah Kota Pagaralam. Di sebelah komplek perkantoran inilah letak Tangga Seribu itu. Untuk masuk ke dalamnya saya dimintai uang masuk Rp 5.000 saja untuk berdua.

Pada saat tiba di sana banyak ditemui wisatawan yang sedang berkunjung, umumnya mereka datang dari Pagaralam, Lahat, Sekayu, Palembang. Mereka datang untuk besantai atau sekedar berfoto, karena lokasinya yang berada di tengah perkebunan teh menjadikannya sebagai tempat yang asyik bagi pencinta foto.

8. Tugu Kota Pagaralam Kota Bunga
Tugu Kota Pagaralam Kota Bunga
Gambar: Tribunnews.com
Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati mengatakan, Kota Pagaralam sampai saat ini masih tetap menjadi Kota Bunga meskipun tidak ada petani yang dengan khusus menanam bunga. Namun masih tetap ada pengrajin bunga di Pagaralam.
9. Danau Tebat Gheban
Danau Tebat Gheban
Gambar: Pagaralam-Online.com
Secara umum, Tebat Gheban merupakan danau alami yang mempunyai luas sekitar 3 hektar dengan kedalaman mencapai 12 meter. Menjelang sore, danau ini akan diramaikan oleh para penggila olahraga memancing. Para pemancing akan berjejer di sepanjangan bantaran danau lengkap dengan peralatan memancing mereka. Zafran salah seorang pemancing menuturkan, ikan mujaer merupakan ikan yang kerap menjadi sasaran para pemancing.

Selain aktivitas memancing, pemandangan lain yang bisa ditemukan di Tebat Gheban adalah aktivitas para penambak udang. Sore hari merupakan jadwal mereka untuk mengambil jala yang sebelumnya sudah terpasang. Jala berbentuk unik yang biasa disebut tangkul ini akan menjaring udang.

10. Wisata Pralayang Gunung Dempo
Wisata Pralayang Gunung Dempo
Gambar: Liputan6.com
Modal besar sudah dimiliki Kota Pagaralam untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Paralayang. ‎Pasalnya, Gunung Dempo merupakan salah satu lokasi paralayang terbaik di Indonesia. 
 Wali Kota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, Kota Pagaralam menjadi tuan rumah PON untuk paralayang pada 2004. Hal ini dikarenakan Gunung Dempo memiliki lokasi yang tepat, bagus dan layak untuk dilaksanakannya paralayang. Dengan modal ini, Kota Pagaralam siap untuk menjadi tuan rumah iven paralayang baik skala Nasional maupun Internasional.

11. Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah
Gambar: JejakPiknik.com
Air terjun Lematang Indah merupakan air terjun yang paling banyak dikunjungi para wisatawan lokal dan luar kota, karena lokasinya berada di tepi jalan lintas.
12. Air Terjun curup Maung


13. Air Terjun Curup Mangkok

Air Terjun Curup Mangkok 
Gambar: SINDOnews.com
Cughub Mangkok juga sering disebut juga Cughub Pancur. Nama ini diberikan karena aliran air yang turun mirip pancuran raksasa.  Selain itu air terjun ini konon juga berkhasiat menyembuhkan beberpa penyakit kulit.

Cughub ini adalah salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Dempo.  Tak jauh dari lokasi ini bisa ditemui cughub lain yaitu Cughub Embun, Pagaralam.

14. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit
Gambar: Tribunnews.com
Air terjun diberi nama sejak ditemukan yaitu "Air Terjun Pintu Langit" memiliki ketinggian sekitar 35 meter berada di sekitar kaki gunung Dempo memiliki panorama alam yang cukup indah, karena berada jejeran bukit barisan.

15. Air Terjun Curup Embun
Air Terjun Curup Embun
Gambar: wisatakoe.com

Bukan hanya terkenal dengan komoditi perkebunan teh yang berada di lereng Gunung Dempo dan juga hasil kopinya. Pagaralam juga terkenal dengan wisata air terjunnya, karena banyak terdapat air terjun di kaki Gunung Dempo dan juga disekitar perbukitan yang berada di kota Pagaralam.

Dari sekitar pepohonan yang masih asri terdengar suara gemercik air yang menerpa kolam yang jernih. Salah satu obyek wisata air terjun yang memiliki pesona yang luar biasa ini adalah Curup Embun. Curup Embun sendiri berada sekitar lima sampai delapan kilometer dari pusat Kota Pagaralam atau disebelah timur dari lereng Gunung Dempo, atau tepatnya berada di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara.










0 Response to "15 Objek Wisata Pagaralam yang Banyak di Serbu Pengunjung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel