Legenda dan Misteri Meriam Ki Amuk Peninggalan dari Kesultanan Banten

Meriam ki amuk ini sering menjadi bahan pertanyaan dalam pelajaran ilmu sejarah, yang hingga saat ini merupakan sebuah peniggalan sejarah pada masa Kesultanan banten. Kita sudah ketahui bersama bahwa Kesultanan Banten ini, merupakan salah satu Kerajan Islam terkuat di Indonesia. Dari Catatan Sejarah hampir 3 abad Kesultanan Banten bertahan hingga mencapai puncak kejayaannya.Padahal waktu itu sudah ada pengaruh dari para penajajah yang berasal dari negara Eropa.

Meriam Ki Amuk
Gambar: Kompasiana.com


Karena kuatnya Kesultanan Banten ini, sehingga sejarawan yang berasal dari belanda yang bernama HJ De Graff menyatakan bahwa Kesultanan Banten merupakan salah satu kerajaan yang disegani di pulau jawa dengan satu kerajaan lagi yaitu kerajaan Mataram. Dari mana melihatnya yaitu dari kualitas dan kuantitas pertahanan militer Kesultanan Banten itu sendiri.

Selain itu kerajaan ini juga dikenal dengan pasukan infanteriya yang sangat terlatih, memiliki pertahanan benteng yang sangat kuat, serta pertahanan Angkatan laut yang juga sangat kuat. Seperti judul artikel diatas, bahwa ada peninggalan yang sangat legendaris pada masa kerajaan ini yaitu Meriam Ki Amuk dan yang terkenal juga Meriam Si Jagur.

Kenapa Meriam Ki Amuk ini sangat terkenal serta legendaris? Karena meriam ini menghasilkan kekuatan suara dentumannya yang sangat dahsyat dan membuat lemah mental musuh saat mendengarnya. Dan saat meledakpun bisa membuat musuh kocar-kacir tidak keruan arahnya. 

Hal ini dibuktikan pada saat pasukan armada laut Portugis maupun Belanda yang hendak mendarat di pantai Banten pada abad ke 15 dan 18.   

0 Response to "Legenda dan Misteri Meriam Ki Amuk Peninggalan dari Kesultanan Banten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel